kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemahaman terhadap manfaat asuransi perlu terus ditingkatkan


Senin, 13 Januari 2020 / 18:56 WIB
Pemahaman terhadap manfaat asuransi perlu terus ditingkatkan
ILUSTRASI. Sebuah mobil yang terseret arus banjir melintang di jalan di Kompleks IKPN Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/1/2019). Pemahaman terhadap manfaat asuransi perlu terus ditingkatkan untuk meng-cover risiko. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hingga saat ini kesadaran masyarakat Indonesia dinilai tentang asuransi masih kurang. Padahal menurut pengamat asuransi dan pengajar Sekolah Tinggi Asuransi Trisakti Azuarini Diah, pertama kali masyarakat harus memahami arti dari asuransi tersebut.

"Jadi masyarakat harus mengerti pentingnya asuransi untuk kehidupan. Inti dari asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan atau transfer risiko dari satu pihak ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi," jelas Azuarini.

Baca Juga: Benny Tjokro dan Heru Hidayat diminta segera lunasi utang saham di Asabri

Lebih lanjut ia mengatakan secara umum, asuransi kendaraan juga memiliki beberapa keuntungan, yaitu hemat, karena mengurangi ketidakpastian risiko. Mengurangi beban keuangan akibat timbulnya kerugian.Memberi ketenangan saat berkendara, baik Anda sendiri ataupun orang lain.

"Banyak asuransi yang beredar di masyarakat, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi bisnis, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, dan asuransi rumah. Kita bisa memilih satu atau lebih sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan sebagai proteksi kehidupan kita," tukasnya.

Sementara Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), Tito Radityo mengatakan ada banyak alasan mengapa harus ikut asuransi perlindungan. Saat membeli asuransi, masyarakat tidak perlu kuatir jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bencana banjir kemarin. 

"Adapun produk Jasindo yang perlu anda ketahui, untuk kendaraan, Perluasan Asuransi banjir Jasindo menjamin kerusakan casco untuk pembersihan interior akibat banjir, perbaikan atau pengecekan electrical, mechanical & computer akibat banjir. Ganti oli dan pembersihan mesin akibat banjir," jelas Tito dalam keterangannya, Senin (13/1).

Baca Juga: Asabri koleksi 13 saham emiten ini, ada yang minus 95% hingga saham gocap

Berapa persen penggantiannya, Tito mengatakan maksimal harga pertanggungan  dikurangi risiko sendiri yang tertera di polis tersebut. 

"Jadi keunggulan produk asuransi bencana di asuransi kendaraan, jika tertanggung membayar tambahan premi untuk perluasan jaminan banjir, maka kerusakan atau kerugian akibat banjir akan di-cover oleh asuransi sesuai dengan ketentuan polis," katanya.

Namun Tito juga mengatakan jika tidak ada perluasan banjir ini tentunya asuransi tidak dapat meng-cover segala kerusakan atau kerugian akibat banjir, termasuk melakukan penderekan mobil yang rusak akibat banjir

Kemudian, sekper Jasindo ini menjelaskan  perluasan asuransi banjir itu apa saja layanannya. Seperti menjamin kerusakan pada atau kemusnahan dari harta benda yang dipertanggungkan sebagai akibat satu atau lebih dari risiko-risiko: banjir; angin topan dan/atau badai: kerusakan akibat air; 

"Menjamin ganti rugi yang dibayarkan termasuk biaya-biaya yang diperlukan untuk pembersihan obyek pertanggungan atau pemindahan puing-puing dari dalam gedung sebagai akibat dari perluasan jaminan tersebut," pungkas Tito.

Baca Juga: Jurus Jiwasraya agar bisa bertahan, berhemat hingga kantongi 1% saham LinkAja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×