kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembukaan Rekening Tabungan Perbankan Makin Subur


Selasa, 12 September 2023 / 16:04 WIB
Pembukaan Rekening Tabungan Perbankan Makin Subur
ILUSTRASI. Sejumlah perbankan terus mencatatkan pertumbuhan pembukaan rekening tabungan nasabah khususnya pembukaan secara online


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perbankan terus mencatatkan pertumbuhan pembukaan rekening tabungan nasabah khususnya pembukaan secara online. Hal ini seiring dengan adanya inovasi digital yang dilakukan oleh perbankan seperti kemudahan layanan pembukaan rekening di mana saja dan kapan saja.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga mencatat, total rekening simpanan bank umum pada bulan Juli 2023 mencapai 525,52 juta rekening, naik 0,89% secara Month on Month (MoM). Berdasarkan jenis simpanan, jumlah rekening simpanan terbanyak terdapat pada tabungan yang mencakup 97,9% total rekening simpanan.

PT Bank Mandiri misalnya, yang hingga Juli 2023 berhasil melakukan akuisisi nasabah baru lebih dari 6 juta rekening atau tumbuh sebesar 12% YoY. Dengan total jumlah nasabah Bank Mandiri hingga Juli 2023 mencapai 39,7 juta.

"Seiring dengan perkembangan teknologi, kemudahan pembukaan rekening melalui channel digital turut mendorong pertumbuhan rekening baru nasabah dimana saat ini sebanyak 40% pembukaan rekening baru berasal dari channel digital, meningkat secara signifikan dibandingkan tahun lalu yang sebesar 25% dari total pembukaan rekening baru," ungkap Senior Vice President Retail Deposit Products and Solution Bank Mandiri Evi Dempowati kepada kontan.co.id, Senin (11/9).

Baca Juga: Untung Berlipat Buka Tabungan Bunga Kompetitif Bertebar Hadiah Langsung

Untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan pembukaan rekening tabungan, Bank Mandiri juga menyediakan beberapa layanan pembukaan rekening yang dapat diakses oleh nasabah, diantaranya melalui LIvin by Mandiri, Customer Service Machine (CSM), Digital Branch Bank Mandiri, hingga Mandiri Agen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Evi mengatakan, untuk mendorong pertumbuhan dana tabungan, Bank Mandiri terus mendorong akuisisi rekening baru yang di harapkan tumbuh hingga 15% YoY pada akhir tahun 2023. Untuk mencapai angka pembukaan rekening tersebut, Bank Mandiri terus melakukan aktivitas promosional dan campaign melalui media Above The Line dan Below The Line.

Untuk memperluas jangkauan pembukaan rekening baru secara digital Bank Mandiri juga memiliki kerjasama dengan merchant partner Bank Mandiri, serta juga bekerja sama dalam pembukaan rekening via API dengan partner strategis.

Di sisi lain, Dana Pihak Ketiga (DPK) tabungan Bank Mandiri secara tahunan mampu tumbuh hingga 7%. Pertumbuhan ini disebut Evi, didukung oleh pertumbuhan dana pada hampir seluruh Tier nasabah, dengan peningkatan terjadi pada semua tier nasabah, khususnya pada nasabah Tier 5 (balance > Rp 1 miliar) & nasabah Tier 3 (balance Rp 50 juta – < Rp 500 juta), nasabah Tier 2 (balance Rp 1 juta - < Rp 50 juta).

 

Sedangkan berdasarkan pengelompokan nasabah, dana DPK tabungan hingga Juli 2023 didorong oleh pertumbuhan pada kelompok nasabah Individual sebesar 9,9% YoY dan nasabah Small Medium Enterprise (SME) 12,2% YoY.

"Peningkatan DPK pada Bank Mandiri sejalan dengan strategi Bank Mandiri dan target market yang mendorong peningkatan volume tabungan yang sustain," tandasnya.

Hingga Juni 2023, jumlah rekening nasabah PT Bank Central Asia (BCA) juga tumbuh 19,4% YoY mencapai 37,6 juta. Adapun penambahan rekening nasabah baru mencapai 3,6 juta rekening di sepanjang semester I 2023.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F Haryn menjelaskan, mayoritas penambahan rekening nasabah tersebut ditopang oleh pembukaan rekening baru melalui kanal online, di mana porsinya mencapai 66% dari total pembukaan rekening individu baru di sepanjang semester I-2023.

Sementara itu, total volume transaksi BCA terus tumbuh secara konsisten mencapai 14,3 miliar di semester I 2023, atau naik 27,2% YoY. Kanal mobile banking mencatat kenaikan volume transaksi tertinggi, tumbuh sebesar 44,0% YoY menjadi 9,8 miliar transaksi.

Selaras dengan pertumbuhan transaksi dan basis nasabah, kinerja dana pihak ketiga (DPK) BCA juga bertumbuh dengan solid. Per Juli 2023, total DPK secara bank only tumbuh 5,3% menjadi Rp 1.061 triliun. Rasio CASA terhadap total DPK mencapai 81%, salah satu yang tertinggi di industri, dengan biaya dana yang murah dan stabil.

Baca Juga: Bank Gencar Tambah Modal Lewat Rights Issue, Ini Kata Analis

Adapun khusus untuk tabungan secara bank only tercatat meningkat sebesar 3,3% YoY menjadi Rp 531,1 triliun per Juli 2023.

"Ke depan, BCA senantiasa melakukan berbagai inovasi layanan digital untuk memastikan platform perbankan transaksi yang aman dan andal, sekaligus menjadi solusi yang relevan bagi kebutuhan nasabah, sehingga mampu mendukung pertumbuhan transaksi dan basis nasabah secara berkelanjutan," ungkap Hera.

Kepala Divisi Wealth Management Bank BTN, Frengky Rosadrian mengatakan, hingga saat ini perseroan telah mencatat ada lebih 2500 pembukaan rekening tabungan baru. Adapun jumlah nasabah BTN hingga saat ini telah mencapai  sebanyak 7,1 juta nasabah dari berbagai segmen

"BTN telah melakukan pembukaan rekening secara digital nasabah tanpa perlu datang ke cabang. Kami juga terus melakukan beberapa pengembangan fitur/layanan tambahan serta juga perbaikan dari sisi bisnis proses di sisi back office dalam proses pembukaan rekening secara digital, melalui hal tersebut, kami yakin akan terdapat peningkatan yang signifikan ke depannya," ungkap Frengky.

Frengky menyebut, pembukaan rekening secara digital saat ini diberlakukan untuk segmen nasabah baru adalah produk Tabungan Batara. Ia memproyeksikan, pembukaan rekening secara digital untuk nasabah baru sampai akhir tahun terus mengalami peningkatan, dengan rata-rata pembukaan rekening saat ini lebih dari 500 nasabah per bulan.

Salah satu strategi yg dapat dipersiapkan bank BTN dalam membidik nasabah baru yaitu dengan cara memperbanyak channel yang ada, seperti pembukaan rekening online dapat dilakukan melalui channel website maupun mobile apps (BTN Mobile) sehingga dapat mempermudah nasabah baru (New CIF) untuk melakukan pembukaan rekening secara mandiri dimana saja.

"Kami juga terus memberikan edukasi serta berbagai promo menarik lainnya yang dapat mendorong para calon nasabah kami untuk dapat memiliki rekening di BTN tanpa perlu hadir ke outlet outlet cabang kami," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×