kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,92   3,58   0.38%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilik Warung di Malang Tuai Berkah Setelah Raih Pinjaman dari BRI


Jumat, 01 Maret 2024 / 18:26 WIB
Pemilik Warung di Malang Tuai Berkah Setelah Raih Pinjaman dari BRI
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Rintik gerimis mulai turun di bilangan Kota Batu, Kabupaten Malang. Beberapa orang mulai mencari tempat berteduh.

Tim Kontan pun melakukan hal serupa. Dipilihlah warung yang berada persis di sebelah Kantor BRI Unit Batu 2, Malang. Sembari membeli kopi dan teh hangat, Tim Kontan berbincang dengan si pemilik warung bernama Nur Aini. 

Sebelum wawancara, ia dengan sigap menghidangkan kopi saset dan teh celup panas kepada para pelanggan di sore hari itu. Gerimis yang awet membuat para pelanggan betah berlama-lama singgah di warung Nur Aini.

Tidak terasa sudah bertahun-tahun Nur Aini berjualan minuman ringan di warung pinggir jalan. Usaha ini dilakukan wanita paruh baya berusia 56 tahun tersebut demi membantu kehidupan keluarga dan anak-anaknya.

Baca Juga: Pembiayaan ULaMM Syariah Dapat Diakses di 624 Kantor PNM

Untuk menghidupi usahanya, Nur Aini pernah meminjam dana dari koperasi senilai Rp 2 juta. Namun, bunga pinjaman koperasi tersebut terlampaui tinggi. Lantaran merasa kapok, dia enggan meminjam di koperasi tersebut.

Berhubung rumahnya bersebelahan dengan Kantor BRI Unit Batu 2, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang, Nur Aini memberanikan diri mengambil pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk senilai Rp 5 juta pada 2021 silam. 

“Saya mencicil pinjaman KUR BRI ini sebanyak Rp 450.000 per bulan selama setahun,” kata dia ketika ditemui Tim Jelajah KONTAN, 7 Desember 2023.

Dia menambahkan, syarat pengajuan KUR di BRI cukup mudah. Ia hanya perlu melampirkan Surat Keterangan Usaha dari pihak kelurahan setempat dan KTP.

Berbekal pinjaman KUR, Nur Aini dapat lebih leluasa menjalankan usahanya, seperti membeli produk-produk baru dan memperbaiki warungnya. Lantas, Nur Aini tertarik untuk kembali meminjam KUR ke BRI jika hendak meningkatkan bisnis warungnya.

“Kalau ada kesempatan saya mau pinjam lagi, mumpung BRI dekat dari rumah saya,” tukas dia.

Baca Juga: PNM ULaMM Syariah Bantu Usaha Mikro Makin Berkah

Sebagaimana diketahui, BRI sangat aktif menyalurkan KUR. Hingga Oktober 2023, BRI menyalurkan KUR senilai Rp 123,51 triliun yang ditujukan kepada 2,7 juta debitur. Angka ini setara 63% dari target penyaluran KUR BRI pada 2023 yakni Rp 194,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×