kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilik Warung Kecil Rasakan Manfaat KUR BRI


Kamis, 01 Februari 2024 / 18:04 WIB
Pemilik Warung Kecil Rasakan Manfaat KUR BRI
ILUSTRASI.


Reporter: Dimas Andi, Tim KONTAN | Editor: Wendi Setiyo

KONTAN.CO.ID - BATU. Rintik gerimis mulai turun di bilangan Kota Batu, Kabupaten Malang. Beberapa orang tampak berteduh sembari membeli kopi atau teh hangat yang dijual di salah satu warung di pinggir jalan.

Pemilik warung yang dimaksud ialah Nur Aini. Dia sibuk menyiapkan hidangan kopi saset dan teh celup panas kepada para pelanggan di sore hari itu. Gerimis yang awet membuat para pelanggan betah berlama-lama singgah di warung Nur Aini.

Tidak terasa sudah bertahun-tahun Nur Aini berjualan minuman ringan di warung pinggir jalan. Usaha ini dilakukan wanita paruh baya berusia 56 tahun tersebut demi membantu kehidupan keluarga dan anak-anaknya.

Untuk menghidupi usahanya, Nur Aini pernah meminjam dana dari koperasi senilai Rp 2 juta. Namun, bunga pinjaman koperasi tersebut terlampaui tinggi. Lantaran merasa kapok, dia enggan meminjam di koperasi tersebut.

Berhubung rumahnya bersebelahan dengan Kantor BRI Unit Batu 2, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang, Nur Aini memberanikan diri mengambil pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk senilai Rp 5 juta pada 2021 silam.

“Saya mencicil pinjaman KUR BRI ini sebanyak Rp 450.000 per bulan selama setahun,” kata dia ketika ditemui Tim Jelajah KONTAN, 7 Desember 2023.

Dia menambahkan, syarat pengajuan KUR di BRI cukup mudah. Ia hanya perlu melampirkan Surat Keterangan Usaha dari pihak kelurahan setempat dan KTP.

Berbekal pinjaman KUR, Nur Aini dapat lebih leluasa menjalankan usahanya, seperti membeli produk-produk baru dan memperbaiki warungnya. Lantas, Nur Aini tertarik untuk kembali meminjam KUR ke BRI jika hendak meningkatkan bisnis warungnya.

“Kalau ada kesempatan saya mau pinjam lagi, mumpung BRI dekat dari rumah saya,” tukas dia.

Sebagaimana diketahui, BRI sangat aktif menyalurkan KUR. Hingga Oktober 2023, BRI menyalurkan KUR senilai Rp 123,51 triliun yang ditujukan kepada 2,7 juta debitur. Angka ini setara 63% dari target penyaluran KUR BRI pada 2023 yakni Rp 194,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×