kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemulihan Ekonomi RI Topang Kinerja Bank Central Asia (BBCA)


Jumat, 18 Agustus 2023 / 05:45 WIB
Pemulihan Ekonomi RI Topang Kinerja Bank Central Asia (BBCA)


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) bakal melanjutkan tren positif pertumbuhan kinerjanya. Katalis utama dari kondisi makro ekonomi Indonesia yang terus membaik.

Analis Investindo Nusantara Sekuritas Pandhu Dewanto mengatakan, BBCA merupakan salah satu saham bluechip yang terbukti konsistensi pertumbuhannya selama ini. Bahkan ketika masa pandemi hanya mengalami sedikit penurunan laba.

"Oleh karena itu kami yakin tren pertumbuhan positif masih dapat dilanjutkan seiring semakin pulihnya kondisi ekonomi nasional," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (16/8).

Baca Juga: BCA Masih Merajai Transaksi Mobile Banking Perbankan

Pandhu memproyeksikan, GDP Indonesia masih dapat tumbuh di atas 5% tahun ini. Sehingga menjadi pertanda bahwa kondisi ekonomi dalam arah yang positif dan menawarkan prospek yang cukup menarik.

Meskipun memang, masih ada sentimen negatif yang membayangi, khususnya dari global. Antara lain, tingkat suku bunga masih tetap tinggi disertai tingkat inflasi yang meningkat.

 

Pandhu menilai, hal tersebut dapat mengancam pertumbuhan kredit karena para pengusaha akan cenderung menahan ekspansinya.

"Kemudian jika hal ini berlanjut pada menurunnya pertumbuhan ekonomi dan membuat bisnis beberapa sektor terdampak signifikan, dapat kembali melambungkan NPL yang dapat menekan kinerja perseroan," paparnya.

Baca Juga: Kebijakan Hilirisasi Nikel Belum Maksimal

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta, menambahkan, Bank Indonesia (BI) telah merevisi pertumbuhan kredit menjadi 9%-11% dari 10%-12%. Lalu, dari global dari global banking turmoil yang mana sebelumnya, Fitch telah memangkas US credit rating.

"Jadi ini merupakan suatu tantangan yang harus disikapi oleh investor, baik asing maupun domestik," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×