kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.740   20,00   0,13%
  • IDX 7.492   12,43   0,17%
  • KOMPAS100 1.159   4,94   0,43%
  • LQ45 920   6,72   0,74%
  • ISSI 226   -0,39   -0,17%
  • IDX30 475   4,06   0,86%
  • IDXHIDIV20 573   5,12   0,90%
  • IDX80 133   0,95   0,72%
  • IDXV30 141   1,37   0,98%
  • IDXQ30 158   1,02   0,65%

Pengaduan perbankan 41% dari total pengaduan OJK


Senin, 24 Februari 2014 / 11:10 WIB
Pengaduan perbankan 41% dari total pengaduan OJK
ILUSTRASI. Yuk Intip Rumah William dan Kate Middleton di Wales


Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pasca peralihan pengawasan perbankan dari Bank Indonesia pada 31 Desember 2013, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai menerima banyak keluhan terkait layanan jasa perbankan.

Menurut Sri Rahayu Widodo, Deputi Komisioner OJK Bidang Perlindungan dan Edukasi Konsumen, sampai saat ini pengaduan masyarakat terkait layanan perbankan mencapai 41% dari total pengaduan yang masuk kepada OJK. Data tersebut, per minggu ketiga Februari. Namun, Sri bilang, tak hafal persis datanya.

Kemunculan pengaduan layanan jasa perbankan menunjukkan ada peningkatan pemahaman masyarakat terhadap jasa keuangan. "Kami harapkan pemahaman masyarakat terhadapa jasa keuangan akan semakin meningkat melalui program SIMOLEK yang menggandeng beberapa pelalu jasa keuangan," pungkas Sri Rahayu, Senin (24/2).

Sebagaimana diketahui, Indonesia adalah negara dengan tingkat literasi keuangan terendah di ASEAN. Berdasarkan survei indeks literasi keuangan OJK tahun lalu, baru 22% penduduk Indonesia yang memahami jasa keuangan, jauh tertinggal dibanding Singapura yang mencapai 90%. Kondisi ini menurut OJK tak lepas dari faktor demografi Indonesia yang amat luas dan beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×