kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengembangan digital akan menjadi fokus perbankan tahun ini


Rabu, 10 Februari 2021 / 17:48 WIB
Pengembangan digital akan menjadi fokus perbankan tahun ini
ILUSTRASI. Pedagang sembako pasar tradisional melakukan transaksi keuangan melalui mobile banking di Tangerang Selatan, Selasa (3/11).


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan teknologi perbankan terus meningkat. Laju tersebut pun dipercepat dengan adanya pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital. 

Hal inilah yang mendorong banyak bank di Tanah Air yang berupaya untuk mencicipi kue pasar bank digital yang masih potensial. Salah satunya PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang menyatakan kalau rencana peluncuran PT Bank Digital BCA akan dilakukan pada semester pertama 2021. 

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja bahkan menegaskan bahwa bank digital yang akan diluncurkan itu akan menjadi neo-bank. Sebab, karakteristik bank tersebut tidak akan memiliki kantor cabang (branchless) serta tidak ada transaksi secara tunai. "Kalau ditanya apakah ini akan jadi neo bank? Iya. Dompleng (bergabung) kepada ATM dan networking BCA. Ada satu branch saja secara nasional," kata Jahja, Senin (8/2) lalu. 

Direktur Keuangan BCA Vera Eve Lim mengutarakan, bank digital nantinya akan menyasar nasabah milenial secara khusus. Adapun saat ini, proses pengembangan aplikasi bank digital masih terbatas pada internal perusahaan. "Saat ini kami sedang piloting secara internal. Kami rencanakan akan launch pada masyarakat di semester pertama tahun ini. Silakan ditunggu siap melayani nasabah terutama para milenial," ungkap Vera. 

Baca Juga: Komisi transaksi Bank BCA tahun lalu turun gara-gara pandemi

Bukan hanya lewat anak usaha saja, BCA juga telah menganggarkan belanja modal teknologi informasi (TI) sebesar Rp 5,2 triliun pada tahun ini. Jumlah tersebut menurut Vera meningkat dari anggaran tahun lalu yang sebesar Rp 5 triliun. 

Dana tersebut antara lain akan dipakai untuk melakukan pengembangan TI perusahaan. Salah satunya pembangunan data center. "Saat ini kami sudah ada tiga data center, tahun ini akan bangun satu data center lagi. Lalu kami juga akan buat call center BCA satu lagi," imbuh Vera. 

Bukan cuma BCA saja yang berniat untuk mendorong pengembangan teknologi di tahun ini. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) juga punya sederet rencana pengembangan digital untuk mendorong transaksi nasabah. 

Direktur Teknologi Informasi dan Operasional BTN Andi Nirwanto mengungkapkan, total belanja modal TI tahun ini sebesar Rp 500 miliar. Nah, dari anggaran itu beberapa akan digunakan untuk memperkuat dan menambah fitur digital channel seperti mobile banking BTN, internet banking dan agent banking

Baca Juga: Transaksi pada kanal digital Bank Mandiri naik lebih dari 50% pada tahun lalu




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×