kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penuhi modal inti Rp 2 triliun, begini persiapan sejumlah bank swasta


Kamis, 18 Februari 2021 / 15:39 WIB
Penuhi modal inti Rp 2 triliun, begini persiapan sejumlah bank swasta
ILUSTRASI. Teller Bank Mayora. Foto:?bankmayora.com


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konsolidasi perbankan tahun ini bakal semarak sejalan dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan yang mengharuskan bank umum memiliki modal inti minimum Rp 2 triliun pada akhir 2021. Sementara jumlah bank dengan modal inti di bawah itu masih cukup banyak. 

Berdasarkan penelusuran Kontan.co.id, ada sekitar 27 bank swasta nasional yang memiliki modal inti di bawah Rp 2 triliun. Itu berdasarkan laporan keuangan September 2020 dan ditambah dengan Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) I yang sudah memenuhi modal inti Rp 1 triliun akhir 2020. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku saat ini banyak menerima tawaran dari investor untuk menjajaki akuisisi atau mengambilalih beberapa bank bank di Tanah Air.  

"Ketertarikan investor tersebut karena margin bunga bersih atau Net Interest Margin (NIM) perbankan Indonesia masih cukup tinggi yakni sekitar 4%," kata Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK  

Namun, OJK perlu menganalisis lebih jauh minat dari investor tersebut. 

Heru bilang, bank tidak boleh dimiliki oleh pemilik yang tidak punya visi dan arah. Oleh karena itu,  OJK harus mencermati dan tidak sembarang memberi izin. 

Baca Juga: Ini daftar bank swasta nasional dengan modal inti di bawah Rp 2 triliun

Investor harus punya visi yang baik,  berkomitmen kuat untuk membuat bank berdaya saing dan mendorong ekonomi nasional.

Untuk memenuhi aturan modal inti itu, beberapa bank telah mengajukan permohonan untuk menggelar Initial Public Offering (IPO). Tetapi OJK juga masih perlu menganalisis lebih dalam terkait visi yang ingin dikembangkan bank tersebut ke depan. 

"Kami tidak ingin IPO hanya dipakai sebagai alat untuk memenuhi aturan modal inti saja dan pemilik tidak tahun bank tersebut akan dikembangkan ke arah mana," ujar Heru. 

Berikut persiapan bank untuk memenuhi modal indi Rp 2 triliun. 

1. PT Bank Bisnis Indonesia Tbk (BBSI) 

Bank ini baru resmi masuk ke kelompok BUKU II akhir tahun lalu usai melakukan penambahan modal lewat rights issue. Dengan begitu modal intinya sudah mencapai Rp 1 triliun. 
Sementara untuk mengejar modal inti Rp 2 triliun pada akhir Desember mendatang, bank ini telah mempersiapkan diri untuk kembali melakukan rights issue. 

"Rencana rights issue akan dilakukan pada kuartal IV. Sampai saat ini belum ada investor strategis yang akan masuk," kata Paulus Tanujaya Sekretaris Perusahaan Bank Bisnis kepada Kontan.co.id, Kamis (4/2).

Baca Juga: OJK banyak terima tawaran investor untuk akuisisi bank di Indonesia

2. PT Bank Fama International

Bank Fama tengah mempersiapkan rencana penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO) untuk memenuhi aturan permodalan tersebut. Sekretaris Perusahaan Bank Fama Emil M Ismain mengatakan, pihaknya tengah melakukan penjajakan dengan berapa investor strategis untuk proses IPO itu.

Sebetulnya bank ini berencana melakukan IPO akhir tahun lalu. Namun, ditunda lantaran waktu sudah tidak cukup untuk mengejar naik ke BUKU II dengan modal inti Rp 1 triliun. Untuk memenuhi itu, pemegang saham eksisting memilih melakukan suntikan modal.




TERBARU

[X]
×