kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan berlomba menawarkan promo transaksi pada bulan Ramadan


Kamis, 06 Mei 2021 / 19:53 WIB
Perbankan berlomba menawarkan promo transaksi pada bulan Ramadan
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi pembayaran dengan memindai?QRIS OCTO Mobile


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tingkat konsumsi menjelang Hari Raya Lebaran selalu mengalami peningkatan dibanding hari-hari biasa. Aktivitas belanja akan mengalami peningkatan. Sejumlah bank berlomba melakukan penawaran terbaik memanfaatkan momentum ini untuk mendorong peningkatan transaksi.

PT Bank Mandiri Tbk misalnya menawarkan beragam promo Ramadan terutama untuk mengoptimalkan layanan digital banking perseron yakni Livin' by Mandiri. Sepanjang bulan Ramadan, bank pelat merah ini memperkirakan transaksi digital akan meningkat 20% dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengatakan, pihaknya terus mendorong penggunaan Livin seiring dengan kondisi pandemi dan larangan mudik.

"Kami juga mengoptimalkan Mandiri Internet Bisnis, e-commerce dan QRIS," katanya pada Kontan.co.id, Kamis (6/6).

Baca Juga: Tingkatkan transaksi jelang Lebaran, BNI tebar promo Program Berkah Ramadan

Untuk program Ramadan, Bank Mandiri  menawarkan diskon diskon Rp 800.000 di Tokopedia dengan pembayaran menggunakan layanan Mandiri, cashback 50% di McD menggunakan QRIS Livin,  bonus e-voucher Rp 200.000  dengan mandiri kartu kredit, diskon GrabFood Rp 200.000 dengan fiestapoin, i-kupon indomaret  Rp 50.000 untuk pengguna baru Livin dan lain-lain.

Bank CIMB Niaga juga program belanja di merchant offline dan online dengan promo cashback dan diskon menarik bagi nasabah yang bertransaksi menggunakan metode pembayaran Scan QRIS OCTO Mobile.

Lani Darmawan Direktur Konsumer CIMB Niaga mengatakan, transaksi digital selama masa pandemi tumbuh cukup tinggi. Transaksi QRIS saja tumbuh dua kali lipat secara year on year (YoY). 

"Sehingga transaksi digital pada lebaran tahun ini dari lebaran tahun sebelumnya diperkirakan akan tumbuh dua kali lipat," kata Lani.

CIMB Niaga menawarkan profram promo saat transaksi menggunakan OCTO Mobile saat belanja offline di supermarket dan restor dengan cashback hingga 30% seperti di Lotte Mart, Ranch Market, Farmers Market, dan All Fresh. Di Lotte, bank ini memberikan cashback sebesar 20% dengan maksimum Rp 15.000 per transaksi.

Di samping merchant offline, CIMB Niaga juga menyediakan penawaran menarik bagi nasabah yang berbelanja di merchant online (e-commerce), yaitu melalui program diskon 50% dengan maksimum Rp 35.000 Adapun merchant yang bekerjasama yaitu Bukalapak, BliBli, iStyle, Jakmall, Tempat Niaga, dan Tokopedia.

Selain dengan scan QRIS OCTO Mobile,  CIMB Niaga juga menggelar promo metode pembayaran lain yakni OCTO Clicks, Rekening Ponsel atau Virtual Card Number (VCN) CIMB Niaga.

Tak ketinggalan, BNI bekerjasama dengan merchant memberikan benefit menarik untuk nasabah berupa discount, cashback, hadiah langsung, harga spesial dan banyak lagi. Teddy Wishadi GM Konsumer BNI mengatakan, transaksi belanja dengan menggunakan alat pembayaran apapun akan meningkat saat bulan Ramadan.

Merchant yang digandeng mulai dari merchant kebutuhan sehari-hari, di restoran favorite, marketplace,  dan lain-lain.  BNI misalnya menawarkan potongan 10% produk fresh belanja di Superindo, potongan harga Rp 30.000 di Hypermart dan lain-lain .

Untuk transaksi online, pengguna kartu debit BNI bisa mendapatkan penawaran menarik setiap hari karena ada promo discount hingga 10%  untuk pengguna debit BNI di berbagai e-commerce.

Jika pada Ramadan tahun lalu masih awal masa pandemi dan belum ada vaksin, BNI hanya berhasil mencatatkan transaksi belanja debit Rp 1,7 triliun atau turun 30% YoY. Padahal, biasanya momem hari Raya merupakan puncak transaksional di bank ini.

Baca Juga: Penuhi kebutuhan Lebaran, BNI siapkan uang tunai Rp 12,9 triliun per minggu

Tahun ini, BNI menargetkan transaksi belanja pada bulan Ramadan menggunakan debit bisa tumbuh 45%-50% dari periode yang sama tahun lalu seiring dengan  aktivitas ekonomi yang sudah mulai lancar dan berjalannya vaksinasi.

BCA juga hadir dengan menawarkan beragam promo Ramadan saat bertransaksi  berbagai  bidang seperti fashion, F&B, groceries, lifestyle, dan hotel. Promo bisa didapat baik dengan metode pembayaran QR di BCA Mobile, Debit BCA, dan Kartu Kredit BCA. Informasi detailnya ada di website perseroan.

Selain itu, BCA menawarkan beragam fitur terbaru digital banking #DibikinSimpel dalam rangka mempermudah nasabah saat bertransaksi perbankan, khususnya menjelang Idul Fitri 2021.

"Lalu BCA memperkenalkan digital platform myBCA, aplikasi mobile banking yang memberikan kemudahan akses ke seluruh portofolio rekening yang dimiliki nasabah melalui satu BCA ID," Kata EVP Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×