kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Perbankan Meraup Cuan dari Bisnis Pembiayaan Emas yang Tetap Berkilau


Sabtu, 16 Desember 2023 / 16:05 WIB
Perbankan Meraup Cuan dari Bisnis Pembiayaan Emas yang Tetap Berkilau
ILUSTRASI. Pengunjung menyaksikan emas yang dipamerkan pada Pekan Raya Pegadaian di Medan, Sumatera Utara, Kamis (12/10/2023). Perbankan Meraup Cuan dari Bisnis Pembiayaan Emas yang Tetap Berkilau.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perbankan optimistis bisnis pembiayaan emas tetap akan berkilau. Dalam beberapa hari terakhir, harga logam mulia ini mengalami tren kenaikan.

Dalam sepekan ini, pertumbuhan harga emas tertinggi terjadi pada 14 Desember 2023. Harganya sempat naik 2,27% secara harian ke level Rp 1.125.000 per gram, menurut data logammulia.com.

Direktur Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk Pandji P. Djajanegara menyebut, kenaikan harga emas tersebut tidak membawa dampak bagi pembiayaan emas di CIMB Niaga Syariah. Dua bulan terakhir, pembiayaan emas bank ini terus mengalami peningkatan. Namun, ia enggan merinci nilainya.

Baca Juga: Pembiayaan Perbankan Tetap Berkilau di Tengah Kenaikan Harga Emas

Per November 2023, pembiayaan emas CIMB Niaga Syariah mencapai Rp 450 miliar. Pandji memperkirakan, tren pembiayaan emas yang positif tersebut akan berlanjut di 2024 nanti.

Alasannya, emas masih menjadi pilihan investasi yang likuid bagi nasabah. "Target bisnis pembiayaan emas untuk tahun 2024 adalah tumbuh sebesar 20%-25%," ujar Pandji, Jumat (15/12).

Untuk mencapai target, CIMB Niaga Syariah akan membuat program marketing seperti cashback, program bundling dan program crossselling, serta melakukan penjualan emas melalui cabang, mobile sales dan telesales. CIMB Niaga juga akan menjalin partnership dengan komunitas-komunitas.

Setali tiga uang, Direktur PT Bank BCA Syariah, Pranata, melihat, instrumen emas masih akan menjadi alternatif investasi jangka panjang yang dipilih oleh masyarakat. Terutama, karena kondisi ekonomi yang masih belum stabil, seperti yang terjadi saat ini.

Baca Juga: Perbankan Optimistis Kualitas Kredit Properti Membaik Tahun Depan

Pembiayaan Emas iB yang terjadi di BCA Syariah juga trennya terus meningkat. Pranata menyebutkan, pembiayaan emas masih menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan pembiayaan konsumer BCA Syariah, setelah pembiayaan KPR iB. 

"Per September 2023, pembiayaan Emas iB di BCA syariah tumbuh 39,9% secara tahunan," terang dia.

Untuk mendorong pertumbuhan pembiayaan emas iB ke depan, Pranata mengatakan, BCA Syariah akan melakukan inovasi teknologi melalui pengajuan pembiayaan digital dan berbagai program kemudahan dalam kepemilikan emas dengan angsuran ringan dan nilainya tetap hingga akhir pembiayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×