kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,22   -1,54   -0.15%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Perbankan Siap Rights Issue Pada Semester II 2022


Rabu, 27 Juli 2022 / 19:46 WIB
Perbankan Siap Rights Issue Pada Semester II 2022
ILUSTRASI. Bank Oke berencana menggelar rights issue pada Agustus mendatang


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar modal makin semarak dengan aksi rights issue di sektor perbankan. Hal ini dilakukan untuk memperkuat permodalan perbankan pada tahun ini.

Bahkan sejumlah bank bersiap menggelar rights issue pada semester II 2022. Mereka adalah PT Bank Oke Indonesia Tbk (DNAR), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA), PT Bank of India Indonesia Tbk (BSWD), PT Bank Victoria International Tbk (BVIC), PT Bank Bumi Arta Tbk (BNBA), dan PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA).

Bank Oke misalnya, akan menyampaikan permohanan rights issue kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada awal Agustus 2022 dan diharapkan bisa mendapatkan pernyataan efektif pada awal Oktober 2022.

Melalui rights issue tersebut, diharapkan modal inti Bank Oke mencapai Rp 3 triliun sesuai ketentuan regulator. Maklum, sampai Juni 2022 modal inti perusahaan baru mencapai Rp 2,96 triliun.

Baca Juga: Hingga Akhir Tahun, BSI Targetkan Pembiayaan UMKM Tumbuh 6%

Direktur Kepatuhan Bank Oke Efdinal Alamsyah mengatakan, perusahaan membidik dana rights issue senilai Rp 500 miliar yang rencananya akan digunakan untuk ekspansi bisnis, termasuk membuka kantor cabang baru.

"Kami akan membuka kantor cabang baru di luar Jakarta, seperti kota - kota di Bandung, Pelambang dan lainnya," kata Efdinal, Rabu (27/7).

Pihaknya optimistis seluruh saham rights issue akan terserap pasar. Bahkan Apro Financial Co, sebagai pemegang saham mayoritas Bank Oke siap menjadi investor siaga (standby buyer) untuk membeli saham tersebut.

Sementara itu, BTN akan menggelar aksi korporasi serupa pada kuartal IV 2022. Melalui rights issue tersebut, bank pelat merah membidik dana Rp 5 triliun untuk meningkat rasio permodalan (CAR).

Jika rights issue sukses, Direktur Keuangan BTN, Nofry Rony Poetra memperkirakan rasio CAR BTN bisa sekitar 20,21%. Nilai itu naik dari CAR BTN per Maret 2022 sebesar 18,15%.

Baca Juga: Perkuat Likuiditas, Bank Oke Indonesia Terima Kredit Rp 100 Miliar dari BCA

"Ini tentunya peluang bagi BTN untuk meningkatkan jumlah unit rumah yang bisa direalisasikan dari awalnya tanpa rights issue bisa 200.000-250.000 unit. Dengan rights issue, kami bisa hampir 300.000 unit rumah," kata Nofry.

Untuk saat ini, perseroan masih menunggu kepastian dari Kemenkeu dan Kementerian BUM terkait nilai penyertaan modal negara (PMN).

"Kenapa harus akhir tahun, karena itu bagian dari proses rights issue. Kita mulai dulu dari PMN,"  ungkapnya.

Kemudian perusahaan melakukan beberapa penunjukan lembaga penunjang dan melihat perkembangan kondisi market. Meski demikian, Nofry yakin rights issue kali ini bisa sukses seperti tahun - tahun sebelumnya.

"Kami percaya akan diserap oleh market, karena kami sudah test case juga beberapa tahun lalu, dengan kami masuk ke market awal tahun. Walau sebenarnya, awal tahun dan akhir tahun hampir sama kondisi marketnya," terangnya.

Tak berbeda, Bank Ina juga menggelar rights issue pada kuartal IV 2022. Bank bersandi BINA ini membidik dana rights issue senilai Rp 1 triliun dengan melepas 2 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Baca Juga: Rights Issue Bank Kian Rame di Semester II

Nantinya dana yang diperoleh untuk memenuhi modal inti minimum Rp 3 triliun pada tahun ini. Jika saham rights issue tidak diserap pasar, pemegang saham, termasuk Grup Salim akan menyerap sisa saham tersebut.

"Pembeli siaga tentunya masyarakat dan existing pemegang saham (akan menyerapnya)," terang Direktur Utama Bank Ina Perdana, Daniel Budirahayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×