kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringati Hari Ikan Nasional, BRI luncurkan Kartu Nelayan Jawa Tengah


Rabu, 04 Desember 2019 / 17:11 WIB
Peringati Hari Ikan Nasional, BRI luncurkan Kartu Nelayan Jawa Tengah
ILUSTRASI. Nelayan berada di samping kapal cantrang saat tidak melaut di Pelabuhan Jongor, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (31/12). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww/17.


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan Kartu Nelayan Jawa Tengah bertepatan dengan Peringatan Hari Ikan Nasional keenam 1 Desember 2019 lalu.
 
Program Kartu Nelayan Jawa Tengah merupakan kerjasama antara Pemprov Jawa Tengah dengan BRI terkait penyaluran BBM subsidi. Dengan kartu nelayan ini transaksi BBM subsidi nelayan dilakukan secara cashless dan tercatat pada dashboard yang dapat dimonitor secara real time online.

Baca Juga: Catat! Ini promosi kartu kredit CIMB Niaga dan Bank Mandiri di akhir tahun

“Melalui digitalisasi penyaluran BBM subsidi ke Nelayan, Bank BRI hadir untuk memberikan kemudahan bagi nelayan untuk mendapatkan subsidi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), sekaligus menikmati berbagai layanan perbankan di seluruh unit kerja Bank BRI,” ungkap Corporate Secretary Hari Purnomo dalam keterangan resminya, Rabu (4/12).
 
Penyaluran Kartu Nelayan ini akan ditargetkan kepada 171.248 Nelayan di Jawa Tengah, namun untuk tahap awal akan disalurkan terlebih dahulu kepada para nelayan pemilik kapal yang memenuhi kriteria sebagai penerima BBM subsidi.

Pada saat ini tercatat 26.614 kapal yang mendapatkan BBM subsidi. Dimana kapal yang berhak mendapatkan subsidi merupakan kapal dengan volume kotor 30 Gross Ton (GT).

Sedangkan secara nasional, BRI telah mendistribusikan Kartu Tani sebanyak lebih dari 3,2 juta Kartu Tani di seluruh Indonesia, khusus untuk Provinsi Jawa Tengah telah disalurkan sebanyak lebih dari 2,6 juta Kartu Tani.

Baca Juga: Bank Mantap bakal bentuk unit usaha syariah

Selain itu, untuk memudahkan petani bertransaksi menggunakan Kartu Tani, Bank BRI telah memasang mesin EDC Brilink di Agen penyalur pupuk atau Kios Pupuk Lengkap (KPL) hingga 6.115 EDC, dimana sebanyak 4.929 diantaranya berada di Provinsi Jawa Tengah.

BRI juga terus mendukung program pemerintah melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hingga akhir September 2019, tercatat BRI telah menyalurkan KUR di Jawa Tengah sebesar Rp 22,5 triliun, sedangkan secara nasional telah mencapai Rp 77,26 triliun kepada lebih dari 3,6 juta debitur. Angka ini setara dengan 88,83% dari target breakdown yang diberikan kepada BRI oleh Pemerintah di tahun 2019 sebesar Rp 86,97 triliun.
 
“Kemudahan layanan jasa perbankan dapat dinikmati oleh masyarakat melalui jaringan kerja Bank BRI yang tersebar dan terbesar, sehingga memungkinkan seluruh penerima Kartu Nelayan dapat menikmati fasilitas layanan jasa perbankan BRI. Peluncuran Kartu Nelayan ini juga menunjukkan komitmen Bank BRI dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia, khususnya nelayan,” pungkas Hari.

Baca Juga: Gandeng Start Up, Strategi BRI Wujudkan Integrated Financial Solution

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×