kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.172   20,00   0,12%
  • IDX 7.060   76,41   1,09%
  • KOMPAS100 1.056   15,99   1,54%
  • LQ45 831   13,98   1,71%
  • ISSI 214   1,38   0,65%
  • IDX30 424   7,59   1,82%
  • IDXHIDIV20 511   8,76   1,75%
  • IDX80 120   1,83   1,54%
  • IDXV30 125   0,81   0,66%
  • IDXQ30 141   2,26   1,63%

Peringati Hari Pelanggan Nasional, PNM Ajak Pelaku UMKM Terapkan Hospitality


Senin, 23 September 2024 / 16:24 WIB
Peringati Hari Pelanggan Nasional, PNM Ajak Pelaku UMKM Terapkan Hospitality
ILUSTRASI. Dampingi Nasabah, PNM Tekankan Terus Literasi Keuangan.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Permodalan Nasional Madani (PNM) ajak pelaku usaha ultra mikro dan UMKM peringati Hari Pelanggan Nasional dengan memberikan apresiasi kepada pelanggan. Apresiasi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan prima dan menerapkan hospitality atau keramahan.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary menilai keramahan menjadi salah satu aspek yang perlu diasah dan diterapkan oleh pelaku usaha khususnya nasabah PNM Mekaar. Hal ini diyakini dapat membantu memenangkan hati pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka yang berujung pada peningkatan pembelian.

“Tantangan besar bagi pelaku UMKM untuk dapat menonjol di persaingan pasar yang sengit. Hospitality bisa dimulai dengan menyapa dan senyum ramah saat melayani pembeli. Tinggalkan kesan yang baik agar mereka nyaman dan mau menjadi langganan,” jelas Dodot dalam keterangannya, Senin (23/9).

Menurut Dodot, UMKM juga dapat mencontoh dan belajar dari bisnis yang sudah besar dalam memberikan pelayanan. “Meskipun skala usaha mikro tapi pelayanan harus berupaya menyesuaikan standar makro,” tambahnya.

Baca Juga: Aset Perusahaan Modal Ventura Syariah Turun

Penerapan hospitality tidak hanya menjadi kunci dalam menjaga loyalitas pelanggan, tetapi juga menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pertumbuhan usaha. Pelaku UMKM juga diimbau untuk menciptakan diferensiasi agar dapat unggul dengan penjual lainnya di industri yang sama.

“Suasana yang menyenangkan dalam berbelanja akan mempengaruhi bagaimana pembeli merasakan pengalaman, apalagi jika UMKM paham preferensi pelanggan tentu akan berimbas pada meningkatnya penjualan karena terbangun rasa nyaman,” jelas Dodot.

PNM percaya dengan menerapkan hospitality akan menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan sebagai investasi yang sangat berharga untuk keberlangsungan usaha mikro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×