Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank DKI meresmikan secara penuh fasilitas Learning Center yang merupakan lembaga pelatihan dan pengembangan kompetensi karyawan. Seremonial Grand Launching Learning Center Bank DKI tersebut dihelat pada Jumat, (12/5).
Peresmian Learning Center ini menjadi bagian dari komitmen Bank DKI menyiapkan sumber daya manusia yang berkompetensi dan berkarakter kuat dalam menghadapi tantangan perbankan di masa mendatang.
Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy menyampaikan bahwa peresmian ini menjadi momentum yang sangat penting bagi Bank DKI dalam menghadirkan pusat pembelajaran yang inovatif dan modern sebagai bagian dari Transformasi Bank DKI.
Terlebih, pekerja Bank DKI hingga bulan April 2023 berjumlah 3.778 orang dengan rincian 2.223 orang atau 59% diantaranya merupakan generasi milenial, 28% adalah generasi Z dan 14% sisanya merupakan generasi X sebagai pembimbing karyawan muda.
“Learning Center Bank DKI ini adalah pusat mempersiapkan bankir profesional yang menjadi generasi penerus dalam rangka menuju Indonesia Emas tahun 2045.” ujar Fidri dalam siaran persnya.
Baca Juga: Per Maret 2023, Volume Transaksi JakOne Mobile Bank DKI Capai 5,91 Juta
Dalam kesempatan yang sama, saat meninjau langsung sejumlah fasilitas yang terdapat pada Learning Center Bank DKI, Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas peresmian Learning Center Bank DKI.
“Selamat atas diresmikannya Learning Center Bank DKI, sebagai lembaga pelatihan yang dapat meningkatkan pelayanan kepada nasabah, sehingga nantinya Bank DKI dapat menjadi percontohan bagi bank lainnya.” ujar Heru.
Learning Center Bank DKI yang terletak di Jalan Wijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, telah dikembangkan dan dilakukan soft launching sejak tahun 2020.
Dibangun dengan konsep milenial, cozy, dan hi-tech, Learning Center Bank DKI berdiri di lahan seluas 1.200 meter persegi dengan 4 lantai dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang.
Di antaranya: ruang pelatihan yang nyaman dan kekinian dengan wi-fi dan LED Screen, Mini Bank Lab, Dining Area, Lounge, Computer Room, Ruang Asesmen, Ruang Instruktur, dan Studio Area. Selain itu fasilitas pendukung seperti ATM, Kantor Layanan Bank DKI, Masjid, serta lahan parkir turut dihadirkan menambah kenyamanan kegiatan pembelajaran di Learning Center Bank DKI.
Termasuk pengembangan platform pembelajaran dengan teknologi informasi terkini yaitu Aplikasi Learning Management System (LMS) sebagai sarana belajar secara mandiri dan fleksibel, serta sarana prasarana berbasis teknologi yang memungkinkan pembelajaran secara daring atau hybrid.
Selain itu, kurikulum yang dibangun mengikuti perkembangan zaman serta didampingi instruktur pengajar yang berpengalaman.
Learning Center Bank DKI juga telah berhasil meraih Tanda Daftar Lembaga Pelatihan Kerja dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta.
Dengan diterimanya surat keputusan ini, Learning Center Bank DKI telah diakui sebagai Unit Pelatihan Kerja yang berkompeten dalam menerbitkan Sertifikat Pelatihan bidang Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SPPUR) serta menyelenggarakan Program Pelatihan Kerja di bidang SPPUR.
Lebih lanjut, Fidri menyampaikan peresmian Learning Center Bank DKI merupakan upaya yang dilakukan perseroan dalam menghadapi tantangan di masa mendatang melalui pendekatan teknologi informasi.
Selain menyiapkan Learning Center, Bank DKI juga telah melakukan berbagai perbaikan dan pengembangan di bidang Sumber Daya Manusia, di antaranya penyempurnaan kebijakan, peningkatan dan pengakuan kompetensi karyawan melalui sertifikasi, kesempatan promosi, perbaikan career path, serta peningkatan kesejahteraan pekerja dan berbagai program engagement karyawan lainnya.
“Rencana besar kami siapkan untuk menjadikan Learning Center Bank DKI sebagai Corporate University yang merupakan lembaga pengembangan kompetensi SDM tersertifikasi, yang tidak hanya bagi internal Bank DKI, termasuk BUMD dan BUMN lainnya, tetapi juga masyarakat umum” ujar Fidri.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan, Bank DKI meletakkan perhatian penting terhadap pengelolaan sumber daya manusia dengan penerapan berbagai strategi inisiatif termasuk dengan pendekatan digitalisasi.
Baca Juga: Menggandeng Digiasia, Bank DKI Perluas Akses Pendanaan Digital
Mulai dari proses rekrutmen secara online, pengelolaan data pekerja secara otomasi melalui Human Capital Information System (HCIS), pengelolaan absensi karyawan secara real time dengan aplikasi JakTeam.
Hingga peningkatan kapabilitas dan kompetensi pekerja melalui pelatihan dengan kurikulum terkini dan berbasis digital melalui aplikasi JakLearning serta berbagai perubahan kebijakan dan organisasi yang bertujuan meningkatkan kompetensi, engagement serta culture karyawan.
“Semoga dengan adanya fasilitas Learning Center Bank DKI yang modern dan inovatif ini, SDM Bank DKI semakin dapat terus berkembang dan berinovasi dalam menghadapi tantangan perbankan yang semakin kompetitif.,” tutup Arie.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News