kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Permudah urus JHT saat pandemi, peserta bisa manfaatkan Lapak Asik dari BPJAMSOSTEK


Selasa, 30 Juni 2020 / 12:48 WIB
Permudah urus JHT saat pandemi, peserta bisa manfaatkan Lapak Asik dari BPJAMSOSTEK
ILUSTRASI. Peserta BPJAMSOSTEK saat menggunakan Pelayanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Depok, Jawa Barat, Kamis (25/6/2020). Peninjauan dilakukan untuk memastikan pelayanan BPJAMSOSTEK tetap berjalan ditengah pandemi covid-19 dan meng

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus Covid-19 amat berdampak pada lini kesehatan masyarakat dan ekonomi negara. Keadaan tersebut juga terasa di Indonesia sejak empat bulan terakhir.

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) merupakan salah satu kerugian pada sektor ekonomi akibat pandemi. Imbasnya, pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) tercatat melonjak.

Baca Juga: Genap berumur satu tahun, LinkAja tebar promo bagi pengguna

Menyadari situasi itu, BPJAMSOSTEK sejak 23 Maret lalu langsung menyiapkan infrastruktur proses pengurusan JHT yakni Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik).

Melalui Lapak Asik, pendaftaran dan pengurusan klaim JHT dapat dilakukan secara online. BPJAMSOSTEK makin meningkatkan layanan kualitas pengurusan klaim JHT dengan menambah kapasitas server serta kuota pendaftar.

Kesiapan BPJAMSOSTEK mengantisipasi pengajuan klaim JHT ditambah dengan dibolehkannya pengurusan kolektif. Selain itu, cara biasa dengan datang ke kantor BPJAMSOSTEK juga masih berlaku.

"Semua pihak memang harus saling membantu saat keadaan pandemi yang menyulitkan ini. Dengan kesiapan layanan yang mudah dari BPJAMSOSTEK untuk mengurus JHT, itu juga kepedulian membantu pekerja yang sedang susah karena PHK," ujar Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono dalam keterangan tertulis, Selasa (30/6).

Baca Juga: Moeldoko menyebut kesehatan jadi sektor terlemah

Tri Adhianto menyampaikan, kesiapan layanan BPJAMSOSTEK kepada pekerja terdampak PHK patut ditiru karena bertindak cepat menyikapi kondisi ekonomi ke depan akibat pandemi. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×