kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perolehan Dana Murah Bank Muamalat dari Mobile Banking Tembus Rp 8,6 Triliun


Selasa, 31 Oktober 2023 / 21:13 WIB
Perolehan Dana Murah Bank Muamalat dari Mobile Banking Tembus Rp 8,6 Triliun
ILUSTRASI. PT Bank Muamalat Tbk terus memaksimalkan penetrasi aplikasi mobile banking Muamalat DIN. /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/03/08/2023.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Muamalat Tbk terus memaksimalkan penetrasi aplikasi mobile banking Muamalat DIN untuk menggenjot pertumbuhan dana murah (CASA). Tak ayal, himpunan dana murah Bank Muamalat dari mobile banking ini tembus sekitar Rp8,6 triliun.

Hal tersebut sejalan dengan jumlah pengguna (user) Muamalat DIN yang mencapai lebih dari 460 ribu user per akhir September 2023.

Alhasil, dana Dana Pihak Ketiga (DPK) ikut terkerek 6,9% YoY menjadi Rp48,1 triliun. Peningkatan ini didukung oleh kenaikan dana murah CASA) yang meningkat 2,7% (YoY).

Untuk menunjang penetrasi tersebut, sejumlah fitur baru Muamalat DIN telah diluncurkan, di antaranya tarik tunai tanpa kartu di Indomaret.

Baca Juga: Kinerja Positif, Laba Sebelum Pajak Bank Muamalat Tumbuh 90,7% YoY di 9 Bulan I-2023

Inovasi tersebut dilanjutkan dengan mobile cash yang merupakan fitur tarik dan setor tunai menggunakan Muamalat DIN melalui teller atau dikenal dengan in branch tanpa harus membawa dokumen dan tanpa mengisi formulir atau paperless.

Belum lama ini, Bank Muamalat juga menjalin kerja sama layanan digital dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dimana nasabah Bank Muamalat dapat melakukan isi ulang (top up) di kartu uang elektronik BNI TapCash melalui aplikasi Muamalat DIN.

Selain Muamalat DIN, utilisasi layanan internet banking Madina atau Muamalat Digital Integrated Access juga ditingkatkan. Per 30 September 2023, total dana murah melalui Madina mencapai sekitar Rp6,1 triliun dengan total nasabah non individu sekitar 34.000.

Baca Juga: Laba Bersih Bank Muamalat Melesat 65,59% YoY pada Kuartal III-2023

Di sisi lain, Bank Muamalat juga terus memacu bisnis pembiayaan di segmen konsumer yang ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Strategi bisnis ini dijalankan pasca penunjukan Bank Muamalat sebagai Bank Penyalur Gaji (BPG) atau payroll oleh Kementerian Keuangan.

Dengan penunjukan ini, Bank Muamalat dapat menjalin kerja sama serta memberikan layanan penyaluran gaji dan fasilitas perbankan bagi ASN di lingkup instansi milik negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×