kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Plafon KUR Bank Nagari Naik Menjadi Rp 1,35 Triliun pada Tahun 2022


Selasa, 25 Januari 2022 / 16:04 WIB
Plafon KUR Bank Nagari Naik Menjadi Rp 1,35 Triliun pada Tahun 2022
ILUSTRASI. Nasabah keluar dari Bank Nagari yaitu Bank Pemerintah Daerah Sumatera Barat cabang Tanah Abang, Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Nagari Sumatera Barat kembali mendapat kepercayaan pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 1,35 triliun pada tahun ini. 

Kepercayaan itu diberikan pemerintah setelah Bank Nagari berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp 1,2 triliun pada tahun lalu. Bahkan, ada penambahan Rp 400 miliar yang disalurkan sehingga total menjadi Rp 1,6 triliun. 

Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra mengungkapkan, penyaluran KUR senilai Rp 1,35 triliun tahun ini terdiri dari KUR Super Mikro sebesar Rp 12 miliar, KUR Mikro sebesar Rp 140 miliar dan KUR Kecil sebesar Rp 1,198 triliun. 

"Kuota KUR tersebut dapat disalurkan melalui konvensional dan syariah," kata Gusti, dalam keterangan resmi, Senin (24/1). 

Baca Juga: Bank Nagari Cetak Laba Rp 416,29 Miliar Pada Tahun 2021

Berdasarkan peraturan pemerintah, ketentuan plafon KUR Super Mikro sampai dengan Rp 10 juta per debitur, KUR Mikro di atas Rp 10 juta sampai Rp 100 juta per debitur dan KUR Kecil di atas Rp 100 juta sampai Rp 500 juta per debitur.  

KUR diberikan kepada seluruh sektor ekonomi dan lapangan usaha produktif seperti pertanian, perkebunan, peternakan perikanan, industri, pertambangan, perdagangan, penyediaan akomodasi dan makan atau minum, usaha terkait pariwisata, transportasi, komunikasi, dan lainnya.

Gusti menyebut, pinjaman KUR tersebut telah memiliki dampak positif bagi pelaku UMKM. Selama tahun 2021 terdapat 383 debitur yang naik kelas dari usaha mikro ke usaha kecil dan sebesar 40 debitur yang naik kelas dari usaha kecil ke usaha menengah.

Ditambahkan, pemerintah tetap memberikan suku bunga KUR yang ringan kepada nasabah yakni sebesar 6% per tahun atau hanya 0,5% per bulan. Kebijakan itu merupakan suatu peluang bagi masyarakat untuk senantiasa optimis dan bangkit kembali untuk menjalankan usaha.

Baca Juga: Penuhi Aturan Modal, Sejumlah Bank Kecil Umumkan Kedatangan Investor Baru

Sejak awal 2022, masyarakat yang membutuhkan KUR dapat mendatangi kantor cabang dan cabang pembantu Bank Nagari yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera Barat atau dapat bertanya langsung kepada petugas Bank Nagari yang senantiasa berada di lapangan.

"Bank Nagari meminta dukungan dan sinergi dari Pemda untuk melakukan sosialisasi dan tentang KUR Bank Nagari ini kepada masyarakat , baik secara orang perorangan maupun edukasi dan informasi melalui koperasi, kelompok tani, dan komunitas ekonomi lainnya," terang Gusti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×