kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prudential Proyeksikan Klaim Asuransi Kesehatan Meningkat pada Tahun Ini


Kamis, 15 Februari 2024 / 07:30 WIB
Prudential Proyeksikan Klaim Asuransi Kesehatan Meningkat pada Tahun Ini
ILUSTRASI. PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia memproyeksikan klaim asuransi kesehatan masih meningkat pada tahun ini. KONTAN/Baihaki/2/3/2010


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia memproyeksikan klaim asuransi kesehatan masih meningkat pada tahun ini. Oleh karena itu, Prudential Indonesia akan melakukan sejumlah hal untuk mengantisipasi melonjaknya klaim asuransi kesehatan pada 2024.

Mengenai antisipasinya, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia Karin Zulkarnaen menyebut pihaknya terus mengajak dan mendorong nasabah untuk selalu menjalankan pola hidup sehat. Menurutnya, dengan pola hidup sehat, bukan hanya kesehatan jiwa dan fisik saja yang terlindungi, melainkan juga kesehatan finansial yang akan terjaga. 

"Kami juga banyak melakukan kegiatan peningkatan literasi finansial dan asuransi, serta seminar-seminar kesehatan yang dilakukan oleh para dokter rumah sakit rekanan Prudential," ujarnya kepada Kontan, Selasa (12/2).

Baca Juga: Prudential Indonesia Klaim Inflasi Medis Biang Kerok Naiknya Klaim Asuransi Kesehatan

Selain itu, Karin mengatakan pihaknya juga akan mengantisipasi klaim kesehatan lewat layanan PRUPriority Hospitals. Dia bilang produk yang diluncurkan pada November 2023, sebagai wujud komitmen perusahaan untuk senantiasa mendengarkan kebutuhan masyarakat, kondisi pasar, serta biaya kesehatan dari waktu ke waktu.

Melalui PRUPriority Hospitals, kata dia, diharapkan nasabah dapat memperoleh kualitas proteksi unggul dan menyeluruh, berupa efektivitas proses persetujuan klaim, transparansi estimasi biaya perawatan yang sesuai dengan jalur klinis di rumah sakit, serta peningkatan mutu layanan kesehatan berbasis bukti medis.

"Dengan demikian, nasabah dapat memiliki peluang terbaik untuk meraih manfaat kesehatan terdepan dan berkesinambungan atas polis asuransi yang dimiliki. Hingga saat ini, program PRUPriority Hospitals telah menjalin kemitraan strategis dengan 171 rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Indonesia dan luar negeri," ucap Karin.

Baca Juga: Prudential Indonesia Yakin Kinerja Unitlink Pendapatan Tetap Masih Positif di 2024

Karin menyampaikan inflasi medis menjadi momok menakutkan bagi industri asuransi jiwa pada 2023. Hal itu juga yang memengaruhi kenaikan klaim asuransi kesehatan Prudential pada 2023. Pada kuartal III-2023, klaim kesehatan Prudential mengalami peningkatan sebesar 27%, jika dibandingkan periode yang sama pada 2022.

"Hal itu karena adanya inflasi medis dan juga meningkatnya jumlah kasus pengobatan yang tertunda akibat pandemi Covid-19," ungkapnya. 

Karin menerangkan hingga kuartal III-2023, total klaim dan manfaat yang dibayarkan Prudential Indonesia sebesar Rp 12,7 triliun. Nilai itu meningkat sebesar 4%, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dia menyampaikan peningkatan tersebut dipengaruhi oleh klaim kesehatan yang juga meningkat sebesar 27% atau Rp 4,1 triliun, jika dibandingkan periode yang sama pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×