kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS992.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

QR Code Indonesia Standard (QRIS) di depan mata, sejumlah bank sudah bersiap


Sabtu, 13 Juli 2019 / 16:30 WIB
QR Code Indonesia Standard (QRIS) di depan mata, sejumlah bank sudah bersiap

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank siap mengimplementasikan QR Code Indonesia Standard (QRIS). PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI, anggota indeks Kompas100) misalnya sebagai salah satu bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) sudah siap dalam mengimplementasikan (QRIS) yang ditargetkan mulai pada paruh kedua 2019 ini.

Himbara saat ini memiliki platform bersama untuk transaksi berbasis QR code yakni LinkAja. Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI Dadang Setiabudi mengatakan, tidak ada kendala yang yang berarti dalam persiapan implementasi standarisasi QR code tersebut.

"LinkAja sudah siap ikuti aturan BI. Adapun EDC BNI sudah siap dan sudah terimplementasi QRIS di dalamnya, dimana saat ini sudah terpasang di beberapa merchant," kata Dadang pada Kontan.co.id, Jumat (12/7).

Baca Juga: Menguat 0,53% dalam sepekan, ini sentimen bagi rupiah untuk parkir di level Rp 14.008

BNI tercatat telah memiliki sekitar 40.000 mesin Electronic Data Capture (EDC) saat ini dan telah mempunyai sekitar 35.000 QR static dengan menggunakan stiker. Sebagai bagian untuk memantapkan persiapan implementasi QRIS, Dadang bilang, BNI akan terus agresif melakukan akuisisi merchant untuk menambah acceptance dan layanan nasabah.

PT Bank Mandiri Tbk juga terus melakukan persiapan penerimaan transaksi LinkAja pada mesin EDC perseroan karena LinkAja sudah mengikuti standar QRIS. Sehubungan LinkAja sudah sesuai QRIS maka mesin EDC Bank Mandiri sudah bisa menerima transaksi QRIS saat standardisasi QR code itu resmi diluncurkan nantinya.

SEVP Transaction Banking and Retail Sales PT Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengatakan, tidak ada kendala yang berarti dihadapi perseroan dalam persiapan implementasi standardisasi itu." Saat ini yang kami fokuskan adalah pada proses roll out penambahan fitur QR pada EDC Bank Mandiri," terang Thomas.

 

Baca Juga: Bank kecil belum menyerah untuk menggenjot kredit di semester kedua tahun ini

Bank Mandiri secara bertahap saat ini tengah melakukan penambahan fitur QR pada 250.00 mesin EDC yang sudah disebar di merchant Bank Mandiri. Selain itu, perseroan juga terus melakukan persiapan teknis dan perubahan bisnis model dimana saat ini tengah disiapkan rencana kerjasama dengan merchant baru.

Thomas dan Dadang mengakui ada dana yang disiapkan masing-masing bank dalam memenuhi aturan standardisasi QR code. Namun, lebih kepada biaya operasional untuk implementasi pada mesin-mesin EDC merchant saja.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×