kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ramadan dan Lebaran dongkrak bisnis kartu kredit


Sabtu, 19 Mei 2018 / 07:20 WIB
Ramadan dan Lebaran dongkrak bisnis kartu kredit

Berita Terkait

Reporter: Galvan Yudistira, Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momen Ramadan dan Idul Fitri membawa berkah bagi industri perbankan. Sebab, momen ini akan meningkatkan bisnis di kartu kredit. Bank penerbit kartu kredit menargetkan transaksi kartu kredit naik setidaknya 10% pada momen tersebut.

Bank Indonesia (BI) selaku pengawas sistem pembayaran memantau perkembangan kartu kredit pada momen itu. Agusman, Direktur Departemen Komunikasi BI, mengatakan, Ramadan dan Idul Fitri bisa berpengaruh positif bagi bisnis kartu kredit.

Lani Darmawan, Direktur Konsumer PT Bank CIMB Niaga Tbk, menyampaikan, biasanya ada kenaikan transaksi kartu kredit pada saat puasa dan Lebaran. "Kami harapkan transaksi kartu kredit bisa 10% lebih tinggi," kata Lani kepada KONTAN, Kamis (18/5). Kenaikan transaksi kartu kredit ini seiring dengan program kerjasama bank dengan mitra merchant.

Bank berkode saham BNGA ini mencatat bisnis kartu kreditnya hanya naik 0,7% menjadi Rp 8,07 triliun di kuartal I-2018 dari Rp 8,01 triliun pada kuartal I-2017.

Okky Rushartomo, General Manager Divisi Bisnis Kartu PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yakin, di periode libur Lebaran pertumbuhan penyaluran kartu kredit bakal melejit 10%-15% per bulan.

Pada kuartal I-2018 lalu, bank pelat merah ini mencatatkan pertumbuhan kartu kredit masih satu digit, yakni8,2% menjadi Rp 11,84 triliun. Jumlah tersebut lebih baik ketimbang pencapaian di kuartal I-2017 sebesar Rp 10,94 triliun.

Suprajarto, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), menargetkan transaksi kartu kredit BRI bisa naik lebih tinggi dibanding tahun lalu. "Tahun lalu, transaksi kartu kredit bisa naik 10%-14% selama puasa dan Lebaran," ungkapnya.

Senada, PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai pemain besar kartu kredit menargetkan pertumbuhan bisnis kartu kredit di atas 10% pada momen puasa dan lebaran.

Vira Widiyasari, SVP Credit Card Bank Mandiri, menargetkan transaksi kartu kredit sebesar 15% pada momen tersebut, lebih tinggi dibanding kenaikan sebesar 10% di tahun lalu.

Menurut Vira, kenaikan volume transaksi kartu kredit pada momen puasa dan Lebaran tahun ini bisa lebih tinggi dari proyeksi sepanjang 2018 ini yang sebesar 13%.

Sedangkan menurut Santoso, Direktur BCA, berdasarkan pengalaman, transaksi kartu kredit selama puasa dan Lebaran naik 10% di bank swasta papan atas ini.





TERBARU

Close [X]
×