Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan kini terus melakukan transformasi untuk beradaptasi memasuki era digital. Nasabah ditawarkan dengan berbagai layanan yang semakin praktis. Melakukan transaksi keuangan pun semakin menyenangkan.
Namun di balik keuntungan yang bisa diberikan, layanan digital ini juga bisa mendatangkan kerugian bagi nasabah. Pasalnya, sistem pertahanan digital bank akan jadi sasar para peretas.
Baca Juga: Mengintip persaingan uang elektronik yang makin hari makin ramai
Lalu, apakah bank sudah mengantisipasi di tengah gencarnya berjualan? Pengalaman pahit dialami influencer Wisno Kumoro baru-baru ini. Ia mengklaim akun rekening Jenius yang dimilikinya mengalami pembobolan dan uangnya ludes dalam sekejap.
Aplikasi Jenius merupakan layanan perbankan digital yang dimiliki Bank BTPN. Dalam unggahan di story instragram @wisnukumoro, Wisnu menceritakan kronologi musibah yang dia alami itu. Pada tanggal 29 Agustus 2019 pukul 8.50 WIB, dia menerima pesan permintaan verifikasi untuk transaksi ke ponselnya.
"Gue baru saja mengalami musibah, akun Jenius gue di-hack. Gue curiga di-hack karena ada orang mencoba masuk setelah ada notifikasi permintaan verifikasi tetapi tidak gue kasih," paparnya.
Baca Juga: Platform Jenius menyumbang 5% bagi DPK Bank BTPN
Wisnu memutuskan untuk memblokir rekeningnya. Namun, rupanya akunnya tetap berhasil dibobol dengan menarik uangnya. Penarikan uang tersebut digunakan untuk bertransaksi di Blibli.com.
Halaman selanjutnya: saldo tinggal tersisa Rp 50.000