kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.739.000   -3.000   -0,17%
  • USD/IDR 16.354   42,00   0,26%
  • IDX 6.516   -131,79   -1,98%
  • KOMPAS100 926   -15,28   -1,62%
  • LQ45 727   -11,27   -1,53%
  • ISSI 204   -5,48   -2,62%
  • IDX30 379   -5,12   -1,33%
  • IDXHIDIV20 454   -6,82   -1,48%
  • IDX80 105   -1,64   -1,53%
  • IDXV30 108   -1,53   -1,40%
  • IDXQ30 124   -1,87   -1,49%

Riset Ipsos Indonesia Sebut Gen Z dan Milenial Paling Aktif Gunakan Bank Digital


Jumat, 14 Maret 2025 / 22:36 WIB
Riset Ipsos Indonesia Sebut Gen Z dan Milenial Paling Aktif Gunakan Bank Digital
ILUSTRASI. SeaBank


Reporter: Rilanda Virasma | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga riset pasar Ipsos Indonesia umumkan hasil riset bertajuk “Studi Perilaku dan Kepuasan Konsumen terhadap Bank Digital di Indonesia”, Jumat, (14/3). Riset ini menunjukkan, bank digital digandrungi kalangan milenial dan gen z.

Dilansir dari laporan Bank Indonesia (BI), saat ini transaksi digital memang tumbuh 36,1% secara tahunan atau year on year (YoY) yakni Rp34,5 miliar transaksi.

Volume transaksi pada aplikasi mobile tumbuh sebesar 39,1% YoY dan volume transaksi pada internet tumbuh sebesar 4,4% secara tahunan (YoY)

Baca Juga: Bank Indonesia Luncurkan QRIS Tap, ASPI Sebut Tak Akan Dongkrak Pendapatan PJP

Adapun, riset ini dilakukan secara daring menggunakan Ipsos Digital Solutions melalui panel daring FastFacts pada akhir Februari 2025 dengan melibatkan 300 responden dari berbagai wilayah di Indonesia.

Metode yang digunakan yakni kuesioner terstruktur mencakup pria dan wanita berusia 18-55 tahun dari berbagai tingkat sosial ekonomi.

Para responden merupakan pengguna internet aktif dan memiliki setidaknya satu akun bank digital serta aktif menggunakannya minimal satu kali dalam sebulan.

Hasil studi menunjukan, bank digital di Indonesia lebih disukai kalangan anak muda, khususnya generasi z dan milenial.

Tercatat ada lebih dari 50% responden berusia 25-44 tahun memilih SeaBank sebagai bank digital favorit mereka. Sementara Bank Jago menempati posisi kedua dengan 32%, diikuti oleh Bank Neo yang dipilih oleh 28% responden dari kelompok usia yang sama.

Baca Juga: Riset Ipsos: Transaksi Bank Digital Tahun Ini bakal Tumbuh 52,3%

SeaBank dinilai unggul sebagai bank digital yang memiliki reputasi baik dan terpercaya (59%), disusul oleh Bank Jago (26%) dan Bank Neo (22%).

Hal ini juga didukung oleh penilaian masyarakat terkait bank digital yang memberikan kemudahan dan keamanan dalam melakukan transaksi keuangan, di mana SeaBank kembali unggul, diikuti oleh Bank Jago, dan Bank Neo.

SeaBank diperkuat dengan adanya kolaborasi antara dengan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee. 

“Studi ini diharapkan bisa memberi pemahaman bagaimana persepsi masyarakat Indonesia terhadap bank digital, terutama dari sisi customer experience,” ujar Executive Director Ipsos Indonesia, Andi Sukma, dalam siaran tertulis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (14/3).

Selain itu, riset ini juga mengungkap tiga hal yang kerap dilakukan masyarakat ketika menggunakan produk bank digital, yaitu top-up e-wallet 76%, pembayaran QRIS 71%, dan kemudahan transfer antar-bank (70%).

BI mencatat, volume transaksi pembayaran digital melalui sistem Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) memang tumbuh sebesar 175,2% (yoy), didukung dengan peningkatan jumlah pengguna dan merchant. BI memproyeksikan pembayaran digital akan meningkat 52,3% YoY di tahun ini.  

Baca Juga: BI Luncurkan QRIS Tap, 15 Bank dan Non Bank Siap Jalankan Fitur Tersebut

Bank Digital bagi Kebutuhan Bisnis

Selain aspek kepercayaan dan keamanan, masyarakat Indonesia kini semakin memanfaatkan bank digital untuk keperluan bisnis dan usahanya, terutama untuk skala mikro dan menengah. 

Dalam kategori ini, SeaBank kembali menempati posisi teratas dengan 47% responden mengasosiasikan sebagai bank digital yang dapat diandalkan menjadi akun bisnis dan usaha mereka, diikuti oleh Bank Jago (38%), dan Bank Neo (20%).

Persepsi masyarakat di kalangan gen z dan milenial terhadap SeaBank dinilai baik dalam mendukung aktivitas bisnis mereka.

Baca Juga: Bank Digital Menargetkan Penyaluran Kredit Tumbuh Dua Digit

Andi menyatakan, pentingnya aspek keamanan, kemudahan, dan kepercayaan terhadap produk bank digital dalam rangka menciptakan pengalaman dan kepuasan pelanggan.

“Harapannya, hasil riset ini dapat digunakan oleh para pelaku industri bank digital untuk terus meningkatkan kinerja, guna memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap layanan perbankan digital. Pada akhirnya, upaya ini dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan di sektor keuangan digital Indonesia,” pungkasnya.

Selanjutnya: Survei Tunaiku: Tren Perilaku Belanja Masyarakat untuk Konser pada 2025

Menarik Dibaca: Ekspansi Klinik Gigi Damessa Terus Berlanjut dengan Pembukaan Cabang Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×