Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbeda dari konsepsi umum, pemimpin bank BUMN ternyata menunjukkan kontribusi lebih besar untuk membangun citra positif bank mereka, menurut riset Maverick Banking Media Performance Report H1-2018 yang dikeluarkan Selasa (31/7).
Sepanjang Januari-Juni 2018, Direktur Utama BRI Suprajarto berhasil menempati peringkat teratas dari daftar Most Featured Executives pada semester I-2018, dengan 325 artikel (29% dari keseluruhan pemberitaan BRI).
Jumlah ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tingginya peningkatan pemberitaan mengenai Suprajarto ditopang oleh pemberitaan terkait kasus skimming serta laporan keuangan BRI pada kuartal I-2018.
Maverick Banking Media Performance Report H1-2018 adalah laporan yang mengukur pencapaian strategi komunikasi publik dari 20 bank terbesar di Indonesia dengan memonitor peliputan industri perbankan di 20 media serta media sosial diantaranya Twitter, Facebook dan Instagram.
Pencapaian tersebut diukur melalui Media Performance Index (MPI) yang memperhitungkan tidak hanya jumlah artikel, tetapi juga kualitas pemberitaan. Laporan ini juga menyajikan hasil pemberitaan terhadap juru bicara dan ekonom bank, kegiatan CSR, peluncuran produk dan layanan baru, serta kerjasama (B2B).
Selanjutnya, Direktur Utama Mandiri Kartika Wirjoatmodjo harus rela turun peringkat dari posisi puncak pada semester I-2017 menjadi peringkat kedua pada semester I-2018, diiringi oleh penurunan jumlah artikel dari 344 artikel menjadi 321 artikel. Jumlah ini berkontribusi sebanyak 30% dari keseluruhan pemberitaan Mandiri pada Semester I-2018. Pemberitaan mengenai Kartika sebagian besar didorong oleh pemberitaan terkait pembayaran dividen serta laporan keuangan Mandiri pada tahun 2017, dimana Mandiri membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp20,6 triliun, tumbuh 49,5% secara tahunan.
Sementara itu, Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja juga mengalami hal serupa. Jahja tidak berhasil mempertahankan posisi kedua pada semester I-2017 dan menempati posisi ketiga pada semester I-2018.
Jumlah pemberitaan Jahja pun menurun menjadi 252 artikel pada semester 1-2018 (33% dari keseluruhan pemberitaan BCA), dari sebelumnya 303 artikel pada periode yang sama tahun lalu. Pemberitaan mengenai laporan keuangan BCA pada tahun 2017 serta BCA Expoversary 2018 berhasil menjadi penopang pemberitaan Jahja pada Semester 1-2018.
Riset ini juga menemukan, Direktur Utama OCBC NISP Parwati Surjaudaja, menjadi satu-satunya pakar perbankan perempuan dari kategori bank BUKU III yang berhasil masuk dalam 10 besar daftar Most Featured Executives di semester I-2018. OCBC NISP juga menjadi satu-satunya bank dari kategori BUKU III yang masuk ke dalam peringkat 10 besar.
“Seringnya pemberitaan yang mengutip atau menyebut direktur utama atau ekonom sebuah bank akan menambah visibility bank tersebut di media. Dengan sendirinya membantu dalam membangun citra positif bagi bank tersebut,” ujar Direktur Monitoring and Analytic Maverick Solusi Komunikasi, Felicia Nugroho dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (31/7).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News