kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45972,21   -0,45   -0.05%
  • EMAS926.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

SBM ITB menggandeng BRI Ventures luncurkan mata kuliah modal ventura


Selasa, 10 Agustus 2021 / 22:10 WIB
SBM ITB menggandeng BRI Ventures luncurkan mata kuliah modal ventura

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BRI Ventures berkolaborasi dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB meluncurkan program mata kuliah modal ventura pertama di Indonesia. Mata kuliah modal ventura ini akan diterapkan pada program sarjana dan pascasarjana SBM ITB di kampus Jakarta dan Bandung.

Kerjasama ini menjadi contoh kolaborasi universitas dengan industri di mana para pemimpin bisnis dapat berbagi wawasan dan keahlian dengan mahasiswa secara langsung.

Asal tahu saja, dalam proses pengembangan ekosistem bisnis digital, Indonesia telah menyaksikan kebangkitan dari perusahaan teknologi tahap awal dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa mencapai valuasi lebih dari US$1 miliar. Beberapa di antaranya termasuk nama-nama perusahaan terkenal seperti Bukalapak, Gojek, dan Traveloka.

Baca Juga: Startup banjir suntikan dana dari modal ventura

Perusahaan-perusahaan modal ventura global dan regional saat ini juga sedang gencar untuk mengambil bagian dari pasar Indonesia, dan total pendanaan startup lokal telah melampaui US$1,9 miliar. Berdasarkan data dari Amvesindo, nilai ini didapat dari 52 fundraising rounds pada kuartal ketiga tahun 2020.

“Rangkaian mata kuliah ini akan menjadi cakrawala pengetahuan bagi mahasiswa yang bercita-cita untuk membangun startup dan memahami produk-produk keuangan yang dapat mereka gunakan, mulai dari tahap awal hingga fase yang lebih matang,” ujar Dekan Ekonomi dan Bisnis SBM ITB Prof. Utomo Sarjono Putro dalam keterangan resminya, Selasa (10/8).

Ia menambahkan, mata kuliah ini juga dapat menjadi bekal bagi wirausahawan inovatif dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan valuasi perusahaan dan memahami cara mendapatkan pendanaan alternatif untuk bisnis mereka.

“Program ini sangat selaras dengan misi SBM ITB, yang bertujuan untuk membina para pemimpin dengan pola pikir kewirausahaan untuk menciptakan impact,” imbuhnya.

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja menambahkan, ada perubahan paradigma besar yang terjadi saat ini dalam perekonomian terutama dalam bisnis modal ventura.

“Sepuluh tahun yang lalu, modal ventura tidak dianggap sebagai karier dan sekarang telah menjadi salah satu pencapaian yang ideal di kalangan mahasiswa lokal jurusan ekonomi dan bisnis. Saya berharap bisa bertemu dengan generasi pemodal ventura berikutnya di SBM ITB, seperti yang saya lakukan di UPH beberapa tahun lalu.” ujar Nicko.

Baca Juga: Modal ventura masih bergairah biayai startup

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×