kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,21   13,90   1.53%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sebagian ATM BNI dan BCA tak beroperasi


Sabtu, 18 Januari 2014 / 07:23 WIB
Sebagian ATM BNI dan BCA tak beroperasi
Kegiatan Open Day menampilkan beberapa manfaat program YESS, yang diharapkan menggugah cara pandang para siswa SMK dan SMP untuk melihat potensi pertanian dan peternakan Pacitan dan kelak ke depan bisa bergabung dengan Program YESS.


Reporter: Issa Almawadi | Editor: Sandy Baskoro

JAKARTA. Banjir dan longsor yang melanda Manado, Sulawesi Utara, melumpuhkan sebagian kegiatan perekonomian setempat. Bencana itu pun turut menghambat layanan perbankan di sana.

Salah satu bank yang terkena imbas bencana di Manado adalah Bank Negara Indonesia (BNI). Tribuana Tunggadewi, Sekretaris Perusahaan BNI, menyatakan sedikitnya 32 ATM dari total 116 ATM yang beroperasi di Manado dan sekitarnya berhenti operasi (offline). Perinciannya adalah, sebanyak 16 ATM terendam air, 15 ATM offline akibat pemadaman listrik, serta 1 ATM berhenti beroperasi karena ada percobaan vandalisme.

Dari total 20 outlet layanan BNI Cabang Manado yang beroperasi di Kota Manado dan sekitarnya, menurut Tribuana, ada empat outlet tidak beroperasi. Keempat outlet itu meliputi satu outlet Kantor Layanan Nasabah (KLN) Kanaka karena kondisi rusak berat di banking hall akibat banjir mencapai 1,5 meter. "Bahkan mencapai sekitar 2 meter di bagian luar outlet," kata dia, Jumat (17/1).

Kemudian, dua outlet KLN Wanea dan KK Calaca saat ini masih dibersihkan akibat banjir sedalam 30 cm hingga 1 m. Selain itu, ada satu outlet Pall Dua karena jaringannya bermasalah. "Beberapa outlet dan ATM berhenti beroperasi, namun layanan masih dapat dilakukan di outlet-outlet dan ATM terdekat yang terhindar dari bencana," kata Tribuana.

Dia juga bilang, khusus barang-barang seperti server, komputer, uang dan surat berharga telah diamankan ke areal yang lebih tinggi atau  lantai dua bangunan yang terkena bencana. Saat ini outlet Wanea, Calaca dan Wanea dalam pembersihan dan perbaikan secepat mungkin agar layanan kembali normal.

Sedangkan Bank Central Asia menyatakan cabang-cabang BCA di Manado tetap melayani nasabah dan beroperasi normal seperti biasa. "Tapi beberapa ATM tidak dapat memberikan layanan kepada nasabah, mengingat nasabah tak memiliki akses ke lokasi itu dan kendala tehnis seperti pemadaman listrik," ujar Inge Setiawati, Sekretariat Perusahaan BCA.

Tapi nasabah tetap dapat bertransaksi melalui jaringan elektronik atau e-channel BCA lainnya seperti Internet Banking BCA serta Mobile Banking BCA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×