kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   20,00   0,12%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

Sediakan Pembayaran Non Tunai untuk Telemedicine, Good Doctor Gandeng Asuransi MAG


Jumat, 16 September 2022 / 10:44 WIB
Sediakan Pembayaran Non Tunai untuk Telemedicine, Good Doctor Gandeng Asuransi MAG
ILUSTRASI. Aplikasi layanan kesehatan Good Doctor.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Pembayaran non tunai menjadi salah satu andalan di era digital. Maka, Good Doctor  bekerja sama dengan PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk (Asuransi MAG) terkait produk Asuransi Kesehatan Magna Sehat (Magna Sehat) dalam meningkatkan layanan dan akses ke berbagai wilayah di Indonesia melalui telemedicine.

Surveil McKinsey berdasarkan data yang dikumpulkan di Indonesia pada 16–26 Maret 2022 menunjukkan, 60%-85% masyarakat tetap menggunakan layanan digital, terutama untuk telemedicine.

Managing Director Good Doctor, Danu Wicaksana menyatakan, dalam mewujudkan ekosistem kesehatan digital di Indonesia, harus memberikan value proposition yang baik kepada empat pemangku kepentingan, yaitu providers, patients, payors dan pharmacies.

"Dengan kerja sama ini, kami memberikan nilai tambah kepada Asuransi MAG untuk meningkatkan adopsi layanan kesehatan digital kepada nasabah mereka,” kata Danu, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (14/9).

Baca Juga: Asuransi MAG (AMAG) Kembali Perpanjang Periode Buyback Saham hingga Agustus 2022

Sementara itu, Head of Group Hospital Surgical Division Asuransi MAG, Muhammad Reza Putra mengaku sebelum kolaborasi ini, nasabahnya tidak memiliki akses nontunai ke telemedicine.

"Kemitraan dengan Good Doctor akan menambah proposisi produk dan fitur Magna Sehat dengan ekosistem digital berkelanjutan yang saat ini sedang kami kembangkan," ucap Reza.

Transformasi kesehatan digital dalam asuransi, seperti telemedicine memang praktis, terjangkau, nyaman, tetapi tanpa mengurangi manfaat kesehatan yang akan diperoleh. Dengan adanya kerja sama ini, layanan telemedicine Good Doctor akan dapat diakses oleh para nasabah Asuransi MAG yang tinggal di kota besar dan daerah perdesaan.

Baca Juga: Asuransi MAG Perpanjangan Periode Buyback Saham Sampai 11 Mei 2022

Salah satu contoh nyata biaya pengobatan menggunakan telemedicine lebih murah dibandingkann mengunjungi dokter secara offline dilihat dari studi kasus Good Doctor sepanjang tahun 2021. Ada delapan gejala paling umum yang dialami oleh karyawan yang melakukan sesi telemedicine. Dari 8 gejala itu, yang paling umum adalah nasofaringitis, infeksi saluran pernapasan atas, dan infeksi virus corona.

Tanpa layanan Good Doctor, mereka akan mengunjungi dokter secara offline dan menghabiskan manfaat rawat jalan mereka. Jika mereka berkunjung ke rumah sakit mengeluarkan biaya untuk dokter dan obat-obatan sekitar Rp 404.805. Sedangkan jika menggunakan jasa Good Doctor hanya mengeluarkan biaya Rp109.936.

Dengan asumsi manfaat rawat jalan mereka sekitar Rp 2,5 juta per tahun maka mereka hanya bisa berobat ke rumah sakit offline sebanyak 6 kali dalam setahun. Sedangkan dengan menggunakan layanan Good Doctor, mereka dapat melakukannya sebanyak 23 kali dalam setahun.

Baca Juga: Buyback saham, Asuransi Multi Artha (AMAG) siapkan dana Rp 82 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×