kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segera cair, IFG akan terima suntikan dana Rp 20 triliun


Kamis, 08 Juli 2021 / 18:37 WIB
Segera cair, IFG akan terima suntikan dana Rp 20 triliun
ILUSTRASI. Pekerja memasang logo IFG Life di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia di Jakarta, Rabu (5/5/2021). ./pho KONTAN?Carolus Agus Waluyo/05/05/2021.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk menyelamatkan polis Jiwasraya, pemerintah segera menyuntikkan dana kepada IFG. Ini merupakan bagian restrukturisasi polis Jiwasraya yang dialihkan ke IFG Life.

Nantinya, IFG akan menerima suntikan dana sebesar Rp 22 triliun. Saat ini, pemerintah telah mengalokasikan dana Rp 20 triliun dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2021. 

"Sebagai komitmen restrukturisasi, sebesar Rp 20 triliun sudah disepakati dan sedang dalam proses pencairan," kata Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo pada rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Kamis (8/7). 

Baca Juga: ADPI: Aset dana pensiun hingga akhir tahun masih bisa tumbuh

Sementara sisanya, sedang diajukan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Nilai penyertaan modal negara (PMN) tersebut akan masuk pada pos RAPBN 2022.  "Kami mengajukan Rp 2 triliun, yang merupakan lanjutan untuk diselesaikan pada tahun 2022. Jadi total (PMN) Rp 22 triliun," lanjutnya. 

Selain PMN, IFG  akan menerbitkan surat utang yang akan diserap Taspen senilai Rp 2 triliun guna mendukung solvabilitas IFG Life pada tahun ini. Surat utang itu memiliki tenor dua tahun dan dilunasi sebelum jatuh tempo.

Tak hanya itu, IFG juga akan menggunakan dividen anak perusahaan untuk lima tahun ke depan sebagai fundraising. Dengan begitu, induk holding BUMN asuransi dan penjaminan ini bisa kumpulkan dana sebesar Rp 4,7 triliun. 

Melalui tiga sumber dana tersebut, IFG akan menyetor modal ke IFG Life dalam jumlah besar. Tak tanggung - tanggung, IFG Life mengantongi modal Rp 26,7 triliun sebagai operasional. 

Selanjutnya: CEO BRI Insurance: Proteksi kunci keberhasilan usaha UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×