kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segmen ritel sumbang 8,1% pendapatan premi TUGU Insurance per September 2020


Kamis, 17 Desember 2020 / 15:41 WIB
Segmen ritel sumbang 8,1% pendapatan premi TUGU Insurance per September 2020
ILUSTRASI. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance)


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) masih fokus pada optimalisasi bisnis korporasi dan komersial. Juga pengembangan bisnis ritel dan perluasan bisnis asuransi.

Kontribusi segmen ritil pada portofolio induk perusahaan telah mencapai porsi sebesar 8,1% di September 2020. Adapun total premi bruto mencapai Rp 214 miliar. Segmentasi retail berasal dari lini bisnis asuransi kendaraan bermotor, kecelakaan diri, kesehatan dan rumah tinggal, dimana kontribusi terbesar masih dari produk asuransi kendaraan bermotor sebesar 67%.

“Produksi premi kendaraan bermotor pada triwulan III-2020 telah tercatat Rp 144,1 miliar atau naik 1% dibandingkan tahun sebelumnya yang didominasi oleh premi dari kendaraan roda empat. Adapun pertumbuhan premi kendaraan bermotor tersebut masih cukup baik mengingat data penurunan penjualan mobil ritel dari Gaikindo menunjukkan penurunan sebesar 47% dibandingkan tahun sebelumnya” ujar Presiden Direktur Tugu Insurance Indra Baruna dalam keterangan tertulis pada Kamis (17/12).

Indra menambahkan diigitalisasi proses secara internal akan terus ditingkatkan Tugu Insurance terutamanya teknologi untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan serta kepuasan bagi para pelanggan pada saat bertransaksi.  Ia mencontohkan proses pembelian hingga klaim asuransi kendaraan bermotor yang saat ini sudah bisa dilakukan secara seamless menggunakan mobile application.

Baca Juga: Gelar RUPST, Tugu Insurance menunjuk empat direksi baru

Asal tahu saja, emiten asuransi dengan sandi saham TUGU ini masih mampu mencatatkan laba bersih tahun berjalan sebesar Rp 235,1 miliar hingga akhir September 2020. Perolehan kinerja itu berkat pengelolaan renewal bisnis dengan loss rasio yang baik. Juga melakukan efisiensi beban usaha secara lebih optimal.

Laporan posisi keuangan perusahaan juga masih kuat dengan nilai Aset konsolidasian per September 2020 tercatat Rp 20,2 triliun dan ekuitas sebesar Rp 8.39 triliun dengan Risk Based Capital (RBC) sebesar 396.8% masih jauh diatas ketentuan minimal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) IKNB yang sebesar 120%.

Hingga periode triwulan III-2020, Tugu Insurance mencatakan pencapaian secara konsolidasian yakni Premi Bruto sebesar Rp 4,57 triliun, Hasil Underwriting sebesar Rp 388,41 miliar dan Hasil Investasi sebesar Rp. 218.5 miliar.

Selanjutnya: Tugu Insurance mendapat peringkat A- dari AM Best

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×