kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,72   -9,77   -1.06%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah bank bersiap kucurkan pembiayaan pengadaan vaksin Covid-19


Selasa, 15 Desember 2020 / 21:39 WIB
Sejumlah bank bersiap kucurkan pembiayaan pengadaan vaksin Covid-19
ILUSTRASI. Sejumlah bank juga tengah bersiap mengucurkan pembiayaan untuk pengadaan vaksin Covid-19..


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII), sejumlah bank lain juga tengah bersiap mengucurkan pembiayaan untuk pengadaan vaksin Covid-19. Maklum para perusahaan farmasi pelat merah yang ditugaskan pemerintah memproduksi dan mendistribusikan vaksin mengaku butuh pendanaan dari perbankan.

“Mengingat akan luas dan besarnya skala penanggulangan pandemi, kami membutuhkan mitra perbankan yang solid dan inovatif dalam memberikan solusi finansial yang tepat.” ujar Direktur Keuangan dan Mitra Bisnis PT Bio Farma  I Gusti Ngurah Suharta Wijaya dalam keterangan tertulis, Senin (14/12).

Bio Farma punya tugas untuk mempersiapkan 15 juta bulk vaksin tahap pertama. Bio Farma juga mengumumkan telah mendapat pembiayaan dari Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank Indonesia senilai US$ 185 juta atau setara Rp 2,68 triliun.

Baca Juga: Bank swasta inisiasi pembiayaan vaksin Covid-19

Pembiayaan dikucurkan dalam bentuk omnibus line facility dalam beberapa tahap yang juga mencakup  proposisi syariah, musharakah trade financing, serta forward hedging.

“Fasilitas yang kami berikan kepada perusahaan farmasi BUMN sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun yang baru ini memang khusus untuk kebutuhan penyediaan vaksin Covid-19,” ungkap Presiden Direktur Maybank Taswin Zakaria kepada KONTAN, Selasa (15/12).

Tak cuma Maybank, Presiden DIrektur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiatmadja juga menyatakan BCA tengah menyiapkan kredit untuk pengadaan vaksin Covid-19.

Sementara EVP Secretariat and Corporate Communication BCA Hera F Haryn bilang, pembiayaan dari BCA terutama akan dilakukan terhadap proses distribusi vaksin.

“Hingga saat ini, kami sedang berkoordinasi dan berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait untuk rencana fasilitasi pembiayaan distribusi vaksin. Kami berharap proses ini dapat berjalan lancar dan pada akhirnya dapat memberikan kontribusi positif dalam penanggulangan Covid-19 di Indonesia.,” jelasnya kepada Kontan.co.id.

Tak mau kalah bank pelat merah juga diketahui bakal menyiapkan sejumlalh skema pembiayaan. Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Haru Koesmahargyo bilang BRI bakal berpartisipasi dalam pembiayaan bersama dengan bank lainnya.

“Demi mendukung keberhasilan program pemerintah dalam penyediaan vaksin Covid-19 kami akan berpartisipasi dalam pembiayaan melalui skema club deal bersama dengan beberapa bank,” kata Haru.

Selanjutnya: BCA siap kucurkan kredit untuk pengadaan vaksin Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×