kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah bank besar menyiapkan rencana akuisisi di tahun ini


Kamis, 03 Januari 2019 / 20:05 WIB
Sejumlah bank besar menyiapkan rencana akuisisi di tahun ini
ILUSTRASI. RUPSLB BRI


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun ini, sejumlah bank besar menyiapkan rencana akuisisi perusahaan keuangan. Paling anyar adalah niat PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang hendak mengakuisisi perusahaan asuransi umum.

Untuk melancarkan aksi ini, BRI telah menyiapkan dana senilai Rp 1,5 triliun. Targetnya, bank plat merah ini berharap bisa mengeksekusi rencana ini pada semester I 2019.

"Dana yang disiapkan untuk (akuisisi) asuransi tidak terlalu besar, sekitar Rp 1,5 triliun," kata Direktur Utama BRI Suprajarto usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Gedung BRI, Kamis (3/1).

Kata Suprajarto, langkah ini dilakukan guna melengkapi bisnis BRI sebagai penyedia jasa keuangan yang komprehensif. Sebelumnya, BRI juga telah melakukan aksi korporasi serupa terhadap tiga perusahaan yakni PT BRI Ventura Investama, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Danareksa Investment Management.

Dalam keterangan ke Bursa Efek Indonesia (BRI), akhir Desember 2018 lalu, BRI melaporkan telah mengempit 68% saham di Danareksa Sekuritas dan 35% Danareksa Investment Management. Sementara 97,61% saham BRI Ventura Investama sebelumnya juga diborong BRI.

Selain BRI, bank plat merah lain PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) sebelumnya juga menyatakan punya niat serupa. Direktur Strategi, Resiko dan Kepatuhan BTN Mahelan Prabantarikso mengatakan, setidaknya BTN berniat memiliki dua anak usaha di bidang manajer investasi (MI) dan asuransi.

"Anak perusahaan masih dalam tahap negosiasi, masih proses. Tahun ini mudah-mudahan akan ada kejelasan karena memang kita butuh pemahaman yang sama. Jadi masih ada proses valuasi," ujarnya saat ditemui di Kompleks Bank Indonesia, Rabu (2/1)

Sekadar informasi, BTN sudah menyiapkan rencana akuisisi itu sejak tahun lalu. Kala itu BTN menyebutkan sudah menyiapkan dana sebesar Rp 700 miliar untuk merealisasikan hal tersebut.

Sementara, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sejak 2018 telah mengutarakan niatnya membeli dua bank kecil. Meski demikian, hingga saat ini rencana BCA belum lagi menyeruak. Ketika dikonfirmasi, Corporate Secretary Jan Hendra pun enggan memberikan penjelasan.

"Prosesnya masih berlangsung, tapi kita belum bisa disclose namanya. Kami akan umumkan pada saatnya," katanya kepada Kontan.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×