kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah bank besar targetkan kredit konsumer tumbuh dua digit tahun 2020


Minggu, 15 Desember 2019 / 20:00 WIB
Sejumlah bank besar targetkan kredit konsumer tumbuh dua digit tahun 2020
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di Bank Mandiri Bintaro Tangerang Selatan, Selasa (7/5).


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang tahun 2020, sejumlah bank besar membidik kenaikan pendapatan dua digit. Untuk mencapai hal tersebut, beberapa strategi dan inovasi telah disiapkan.

Beberapa bank besar yang telah menyiapkan strategi adalah Bank Negara Indonesia (BNI), Bank CIMB Niaga, serta Bank Mandiri.

Bank BNI menargetkan pertumbuhan kredit konsumer tumbuh dua digit di tahun depan, sama seperti perkiraan pertumbuhan hingga akhir tahun ini. Target pertumbuhan tersebut nantinya akan turut ditopang oleh program promosi dari Bank BNI kepada nasabah.

Baca Juga: Teknologi digital berkontribusi signifikan terhadap efisien perbankan

"Tentu program promosi yang tepat sasaran juga ikut menopang pertumbuhan kredit konsumer BNI pada prognosa level double digit tahun ini dan perkiraan 2020 nanti," ujar Anggoro Eko Cahyo selaku Direktur Bisnis Konsumer BNI saat dihubungi Kontan, pada Jumat (13/12).

Selain pricing yang kompetitif dan taktis agresif masuk ke segmen pasar yang tepat, pertumbuhan kredit tersebut juga tek lepas dari penyediaan skim produk konsumer yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Sampai November 2019 kemarin, perkembangan kredit konsumsi BNI terbilang tumbuh stabil. Untuk proyeksi akhir tahun sendiri, pertumbuhan kredit diprediksi berkisar pada angka 5,0%.

Sementara itu, pada kuartal III kredit konsumer BNI tumbuh 8,6% dari sebelumnya Rp 77,038 Miliar, menjadi Rp 83,644 Miliar di tahun ini. Pertumbuhan ini terutama ditopang oleh produk kredit pemilikan rumah (KPR).

Baca Juga: Kinerja moncer sejak awal tahun, penghuni Indeks IDXGrowth30 ini layak koleksi

KPR ini memberikan porsi tertinggi terhadap pertumbuhan kredit dengan jumlahnya yang mencapai Rp 43,067 Miliar, atau naik 9,5% secara year on year (YoY) dibandingkan tahun sebelumnya. Jika dilihat berdasarkan komposisi, produk KPR juga memberikan porsi terbanyak ke total konsumer pada kuartal ketiga tahun 2019, yaitu sebesar 51,5%.

Sama halnya dengan Bank BNI, demi meningkatkan produk konsumer pada tahun 2020 mendatang, Bank CIMB Niaga juga targetkan portofolio kredit double digit atau tumbuh di atas 10% tahun depan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×