Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan ekonomi digital yang melejit, apalagi saat pandemi membuat industri perbankan tak mau ketinggalan kesempatan. Sejak akhir tahun lalu sejumlah bank mulai menambah fitur dalam platform mobile banking yang tak cuma terbatas terhadap layanan perbankan.
Sejak akhir tahun lalu misalnya PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga telah menambahkan menu lifestyle dalam BCA Mobile yang memungkinkan nasabahnya melakukan pemesanan tiket pesawat, hotel sampai membeli voucer gim.
EVP Secretariat and Corporate Communciation BCA Hera F Haryn kepada KONTAN sempat menjelaskan penambahan fitur ini dilakukan agar memudahkan nasabah perseroan agar tak perlu berganti aplikasi untuk memenuhi kebutuhannya.
Baca Juga: Ini dampak penerapan PPKM di Jawa dan Bali bagi sektor IKNB
BCA menawarkan fitur terbaru dari BCA Mobile yakni fitur Lifestyle yang mengakomodir kebutuhan hobi & hiburan nasabah, dimana nasabah tidak perlu pindah aplikasi lain untuk memesan hotel, membeli tiket pesawat atau kereta membeli voucher game,” kata Hera.
Lantaran transaksi dilakukan di platform mobile banking perseroan, sumber dana transaksi akan berasal dari rekening nasabah langsung. Ini bermanfaat untuk meminimalkan risiko kejahatan keuangan.
Penetrasi digital nyatanya tak akan cuma dilakukan sendirian oleh BCA, entitas anaknya yaitu PT Bank Digital BCA bahkan akan melangsungkan operasi perbankan sepenuhnya secara digital. “Bank Digital BCA akan diluncurkan tahun ini dan mengusung konsep branchless dengan pelayanannya akan dilakukan dalam aplikasi,” sambung Hera.
Baca Juga: Lagi, bos BCA jual 50.000 saham BBCA
Tanpa ekspansi cabang, Bank Digital BCA tentu akan lebih leluasa memanfaatkan platformnya untuk pengembangan lebih lanjut.