kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.924.000   -8.000   -0,41%
  • USD/IDR 16.210   -85,00   -0,52%
  • IDX 6.897   65,26   0,96%
  • KOMPAS100 1.002   13,05   1,32%
  • LQ45 771   10,32   1,36%
  • ISSI 224   1,60   0,72%
  • IDX30 397   5,48   1,40%
  • IDXHIDIV20 461   5,31   1,16%
  • IDX80 113   1,46   1,31%
  • IDXV30 113   0,44   0,39%
  • IDXQ30 129   1,86   1,47%

Sejumlah Perbankan Gencar Akuisisi Nasabah Baru Lewat Berbagai Gelaran Event Besar


Kamis, 26 Juni 2025 / 20:49 WIB
Sejumlah Perbankan Gencar Akuisisi Nasabah Baru Lewat Berbagai Gelaran Event Besar
ILUSTRASI. Aksi peserta BTN Run dalam rangka Road to BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2025 di Jakarta, Minggu (9/2). Sejumlah perbankan tengah gencar berebut dana nasabah dengan mengakuisisi nasabah baru lewat berbagai event besar.


Reporter: Adrianus Octaviano, Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Sejumlah perbankan tengah gencar berebut dana nasabah dengan mengakuisisi nasabah baru lewat berbagai event besar. Mulai dari gelaran musik hingga lari marathon.

Ambil contoh, PT Bank Tabungan Negara (BTN) yang sebentar lagi akan menyelenggarakan BTN Jakarta  International Martahon pada 29 Juni 2025. Selama periode kampanye ini saja, BTN telah memperkirakan transaksi dan aktivasi pengguna dapat meningkat sekitar 15%–20% dibandingkan hari normal.

Thomas Wahyudi, SEVP Digital Business BTN mengatakan, pada hari normal jumlah transaksi bisa mencapai sekitar 5 juta transaksi per hari, tergantung pada aktivitas promosi yang berjalan.

Baca Juga: Kembali Gelar MMB 2025, Maybank Indonesia Turut Incar Akuisisi Nasabah Baru

Namun, kata Thomas dalam kampanye seperti BTN Jakarta International Marathon, ekspektasinya tentu lebih tinggi karena cakupan dan daya jangkau kegiatan ini jauh lebih luas dibanding promosi harian.

"Secara keseluruhan, gelaran ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang BTN untuk memperkuat posisi Bale by BTN sebagai aplikasi digital yang relevan dan kompetitif di tengah dinamika layanan keuangan saat ini," kata Thomas kepada kontan.co.id, Kamis (26/6).

Thomas menjelaskan, promosi melalui event ini tidak hanya bersifat branding, tetapi juga mendorong akuisisi pengguna baru dan peningkatan transaksi, terutama pada fitur fitur seperti pembukaan rekening online, pembayaran dan pembelian, serta transaksi menggunakan QRIS bale by BTN.

Hingga Mei 2025, Bale by BTN telah mencatatkan akuisisi lebih dari 2,5 juta pengguna. Pertumbuhan ini juga diiringi dengan peningkatan jumlah active user lebih dari 20% secara tahunan.

"Ini menunjukkan bahwa Bale semakin dimanfaatkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi keuangan sehari-hari," kata Thomas.

Baca Juga: Tiket Ludes, Maybank Marathon 2025 Jadi Ajang Akuisisi Nasabah Baru

Dari sisi transaksi, jumlah transaksi yang dilakukan melalui Bale by BTN juga tumbuh lebih dari 135% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Capaian ini disebut menjadi sinyal positif atas arah pengembangan Bale sebagai platform digital banking BTN.

"Kami akan terus memperkuat fungsionalitas dan kemudahan akses dalam aplikasi, agar Bale by BTN dapat menjadi solusi finansial yang relevan dan terintegrasi bagi seluruh segmen nasabah," imbuhnya.

Tak mau kalah, meski ajang Maybank Marathon 2025 baru akan digelar dua bulan lagi, seluruh tiket peserta sudah terjual habis.

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) bahkan mengklaim berhasil mengakuisisi ribuan nasabah baru dari penjualan tiket tersebut.

Direktur Operasional Maybank Indonesia sekaligus Project Director Maybank Marathon Widya Permana mengungkapkan bahwa penjualan tiket tidak hanya menjadi sarana promosi, tetapi juga berdampak langsung pada pertumbuhan basis nasabah perseroan.

“Dari target 14.000 pelari, ada ribuan yang menjadi nasabah baru,” ujar Widya, yang akrab disapa Cheppy.

Ia menjelaskan, akuisisi nasabah tersebut berasal dari program bundling yang mewajibkan calon peserta membuka rekening di Maybank Indonesia dan mengikuti program menabung.

Baca Juga: Dukung HUT TMII Ke 50, Bank Raya Targetkan 10.000 Nasabah Baru

Namun demikian, Cheppy menekankan bahwa Maybank Marathon bukan semata-mata ditujukan sebagai sarana akuisisi nasabah.

Belum lama ini PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) juga telah menyelenggarakan event tahunan, Allo Bank Festival.

Indra Utoyo, Direktur Utama Allo Bank mengatakan, jumlah onboarding nasabah baru dan All Prime dalam periode dimana aktivasi penyelenggaraan Allo Bank Festival mulai dijalankan, meningkat lebih dari 20% dibandingkan bulan sebelumnya. Demikian pula jumlah aplikasi PayLater naik lebih dari 30% pada periode yang sama.




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×