kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Serba Serbi Beli Rumah Lewat Sistem Lelang Bank, Mudah di Info Lelang BRI!


Senin, 27 Mei 2024 / 17:55 WIB
Serba Serbi Beli Rumah Lewat Sistem Lelang Bank, Mudah di Info Lelang BRI!
ILUSTRASI. Dok. Shutterstock


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Mencari rumah dengan harga yang ideal bukanlah perkara mudah. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan impian mendapatkan rumah terbaik, salah satunya membeli rumah melalui lelang bank.

Pembelian rumah melalui lelang bank dapat memberikan berbagai keuntungan untuk Anda, mulai dari harga lebih terjangkau hingga proses yang cepat. Tak sedikit juga properti hasil lelang bank sudah siap huni (full furnished) atau hanya memerlukan sedikit perbaikan.

Meski begitu, Anda tetap perlu menyiapkan beberapa hal agar bisa mendapatkan rumah lelang bank yang sesuai kebutuhan dan anggaran, sekaligus dapat memanfaatkan potensi investasi dari aset properti tersebut

Apa Itu Rumah Lelang Bank?

Pertama, Anda tentu perlu memahami konsep rumah lelang bank. Sesuai namanya, rumah lelang bank adalah rumah atau properti yang disita oleh bank dan dijual melalui proses lelang. 

Penyitaan properti bisa terjadi ketika pemilik sebelumnya gagal dalam membayar hipotek, sehingga bank sebagai pemberi pinjaman mengambil alih properti tersebut untuk diperjualbelikan melalui sistem lelang.

Keuntungan Membeli Rumah Lelang Bank

1. Harga yang Lebih Terjangkau

Rumah lelang bank dapat menjadi alternatif menarik untuk mendapatkan properti dengan harga lebih terjangkau dibandingkan pembelian melalui pasar konvensional.

Jadi, bagi pembeli, kondisi tentu menjadi kesempatan untuk mendapatkan properti dengan nilai investasi yang lebih terjangkau.

2. Kualitas Bangunan

Anggapan yang seringkali beredar adalah rumah lelang bank memiliki kualitas yang tidak sebaik rumah di pasar konvensional. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Ada banyak properti lelang bank memiliki kualitas bangunan baik, terutama jika Anda melakukan penelitian dan pemeriksaan secara saksama. Terlebih, rumah yang dilelang pastinya telah diperiksa sebelumnya oleh pihak bank.

Sebagai salah satu platform lelang online terdepan, Info Lelang BRI menyediakan berbagai fitur unggulan yang dapat membantu Anda dalam memilih rumah lelang idaman. Tidak hanya menyuguhkan gambar properti, Info Lelang BRI juga menyediakan informasi penting lain terkait setiap aset bangunan yang dilelang.

Mulai dari harga, fasilitas properti, akses, hingga kelengkapan dokumen rumah bisa Anda periksa dengan mudah melalui Info Lelang BRI.

Caranya aksesnya pun mudah, karena Anda hanya perlu mengunjungi halaman Aset Lelang Bangunan dan mulai menjelajahi rumah lelang bank yang sesuai kriteria. 

3. Peluang Investasi

Selain mendapatkan properti dengan harga miring, membeli rumah lelang bank juga dapat menjadi peluang investasi properti yang menguntungkan. Sebab, dengan harga yang lebih rendah, Anda dapat meraih keuntungan lebih bila dikelola dengan baik.

Di masa depan, bukan tidak mungkin nilai properti tersebut mengalami peningkatan dibanding ketika Anda pertama kali membelinya.

4. Proses Cepat

Proses pembelian rumah lelang bank seringkali lebih cepat dibandingkan ketika membeli secara konvensional. Hal ini dapat menghemat waktu Anda untuk mendapatkan properti yang diinginkan.

5. Dapat dibiayai KPR

Proses pembelian rumah lelang bank ini juga bisa dibiayai oleh Kredit KPR dengan syarat dan ketentuan yang mudah, serta promo suku bunga yang menarik. Hal ini akan mempermudah calon investor dalam memiliki aset lelang bank

7 Tips Membeli Rumah Lelang Bank

Setelah mengetahui keuntungannya, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan sebelum membeli rumah lelang bank agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

1. Harga Pasaran Rumah

Sebelum memutuskan membeli rumah, Anda perlu mencari tahu harga pasaran di sekitar properti yang Anda minati. Hal ini dapat membantu Anda menetapkan batas harga dan memastikan bahwa Anda tidak membayar terlalu mahal untuk properti tersebut saat proses lelang.

2. Lokasi Rumah

Lokasi rumah juga menjadi faktor penting dalam nilai properti. Pastikan memilih rumah lelang bank yang berada di lokasi strategis, dekat dengan fasilitas umum, terhubung dengan transportasi umum, dan memiliki potensi apresiasi nilai yang baik di masa depan.

3. Cek Kelengkapan Dokumen Rumah

Sebelum mengikuti lelang, pastikan Anda telah meneliti dan memeriksa dokumen-dokumen properti dengan cermat. Dokumen tersebut mencakup sertifikat, surat-surat tanah, dan surat berharga lain mengenai informasi penting terkait kepemilikan properti.

4. Latar Belakang Properti

Pahami latar belakang dan kondisi properti yang akan dibeli. Jadi, jangan ragu untuk mencari informasi tentang kondisi fisik bangunan, potensi perbaikan, serta apakah ada masalah hukum yang perlu Anda pertimbangkan.

5. Pilih Sesuai Kemampuan Finansial

Pastikan untuk menentukan batas finansial Anda untuk mengikuti lelang. Caranya, tentukan anggaran maksimum yang dapat Anda keluarkan dan jangan sampai melebihi batas tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi agar tidak terjebak dalam utang yang bisa membawa masalah di kemudian hari.

Nah, di Info Lelang BRI, Anda bisa mengetahui harga dari setiap aset properti yang dilelang secara transparan. Anda juga bisa menentukan batas bawah dan batas atas harga aset melalui fitur Filter Harga.

Selain itu, Info Lelang BRI memiliki beberapa fitur unggulan lain yang dapat membantu Anda menemukan rumah lelang bank idaman, yakni Hot Deals dan Clean & Clear.

6. Pahami Syarat & Ketentuan Lelang

Setiap lelang tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu membaca dan memahami semua aturan lelang secara cermat agar tidak kebingungan selama mengikuti proses lelang.

Salah satunya, perhatikan besaran uang jaminan yang harus disiapkan. Umumnya, uang jaminan termasuk ke dalam persyaratan lelang.

Cari juga informasi tentang bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) yang mungkin dikenakan pada transaksi tersebut.

Selain itu, periksa kewajiban pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) sebagai pemilik rumah baru nantinya. Kewajiban membayar PBB digunakan untuk pembiayaan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur serta layanan publik di lingkungan tempat tinggal.

7. Pilih Platform Lelang Tepercaya

Tidak kalah penting adalah memilih platform lelang tepercaya dan memiliki reputasi baik. Anda bisa mengunjungi kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang untuk mengetahui informasi lengkap tentang properti lelang yang tersedia.

Namun bila tidak ingin repot, Anda bisa memanfaatkan platform Info Lelang BRI yang akan memberikan layanan yang handal dan transparan dalam proses lelang properti.

Di halaman Aset Bangunan Info Lelang BRI, Anda dapat menelusuri berbagai properti dari berbagai daerah lengkap dengan informasi bangunan, fasilitas, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Saat membuka halaman tersebut, Anda juga dapat melihat gambar-gambar rumah untuk melakukan verifikasi terhadap kondisi bangunan dan memastikan bahwa rumah tersebut layak ditempati.

Dengan fitur-fitur unggulan seperti transparansi informasi, jadwal lelang, dan berbagai aset lelang, platform juga ini memudahkan calon pembeli mendapatkan rumah lelang bank dengan aman dan nyaman.

Yuk, langsung siapkan syarat-syaratnya untuk mendapatkan hunian impian melalui lelang bank. Info Lelang BRI memberikan kepercayaan bagi Anda dengan menyajikan informasi menyeluruh terhadap aset lelang pilihan.

Selanjutnya: Realisasi Penerimaan Pajak Capai Rp 624,19 Triliun Hingga April 2024

Menarik Dibaca: Simak Yuk Cuplikan Tujuh Episode Serial Nightmares and Daydreams

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×