kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Simak jadwal operasional bank pelat merah selama libur Lebaran


Selasa, 28 Mei 2019 / 07:05 WIB

Simak jadwal operasional bank pelat merah selama libur Lebaran


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank akan tetap beroperasi terbatas untuk melayani nasabah selama libur Lebaran 2019. Bank pelat merah alias bank BUMN adalah beberapa diantara bank yang akan tetap beroperasi secara terbatas selama libur Lebaran.

PT Bank Mandiri Tbk misalnya, selama cuti bersama libur Lebaran akan tetap mengoperasikan 350 kantor cabangnya secara terbatas pada tanggal 1 Juni, 3 Juni, 4 Juni , 6 Juni dan 7 Juni 2-19. Sedangkan di akhir pekan, yakni tanggal 1 Juni, 8 Juni dan 9 Juni, Bank Mandiri tetap mengoperasikan layanan weekend banking seperti biasa.


Layanan perbankan yang disediakan masih terbatas antara lain pembukaan rekening, cek saldo, setor tunai, pemindahbukuan, penggantian kartu, pembukaan blokir, serta pembayaran delivery order SPBU ke Pertamina saja.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, kantor cabang yang akan beroperasi selama liburan Idul Fitri akan lebih dikonsentrasikan di luar Jakarta. "Hal ini sesuai dengan asumsi bahwa banyak warga Ibukota yang akan mudik ke luar kota pada periode tersebut," ujarnya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Senin (27/5).

Misalnya, pada Hari Raya Idul Fitri kedua tanggal 6 Juni 2019, kantor cabang di Jakarta yang beroperasi hanya lima cabang, dibandingkan dengan di Jawa Tengah 13 cabang dan 16 cabang di Jawa Timur.

Selain Bank Mandiri, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) juga akan tetap melayani nasabah sepanjang Juni 2019 kecuali pada tanggal 5 dan 6 Juni 2019. Namun, Direktur Kepatuhan BTN Mahelan Prabantarikso menjelaskan terdapat 56 kantor cabang yang tetap beroperasi pada tanggal tersebut untuk terkait kerjasama yang sudah dilakukan dengan Pertamina dan Taspen.

"Khusus libur lebaran, BTN tetap membuka layanan pembayaran kredit, penarikan uang maupun penyimpanan uang," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (27/5).

Sementara itu, bank terbesar di Tanah Air yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) pada tanggal 1 Juni, 2 Juni, 8 Juni dan 9 Juni termasuk akhir pekan BRI tetap membuka 148 unit kerja. Sekretaris Perusahaan BRI Bambang Tri Baroto menjelaskan, untuk tanggal 1 Juni dan 3 Juni 2019, unit kerja pembayaran gaji sebanyak 462 unit kerja akan tetap beroperasi di seluruh Indonesia.

"Sementara pada tanggal 3 Juni, 4 Juni ,6 Juni dan 7 Juni atau libur lebaran sebanyak 232 unit kerja akan beroperasi dengan layanan terbatas," terangnya. 

Beberapa layanan perbankan yang tersedia selama masa tersebut antara lain pembukaan rekening, setor dan tarik tunai dan administrasi simpanan kartu/tabungan. Adapun, layanan yang tidak bisa dilakukan pada periode tersebut yakni Real Time Gross Settlement (RTGS) dan kliring.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) turut membuka layanan perbankan secara terbatas. Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto merinci, pada 1 Juni-2 Juni 2019 ada 79 outlet weekend banking BNI yang beroperasi.

Pada 3 Juni-4 Juni 2019 68 outlet beroperasi terbatas. Khusus pada tanggal 5 Juni 2019 atau Hari Raya Idul Fitri, BNI tutup. Sementara pada 6 Juni 2019 ada 27 outlet operasional terbatas yang dibuka, dan 68 operasional terbatas di tanggal 7 Juni 2019. Sementara tanggal 8 Juni-9 Juni 2019 ada 79 outlet weekend banking yang siap melayani nasabah. 

"Layanan operasional terbatas melayani buka dan maintenance rekening, tarik, setor, pindah buku, setoran BBM bank notes, billpayment dan collect document trade," kata Catur.

BNI juga memiliki 14 cabang digital yang beroperasi penuh pada tanggal 1 Juni-4 Juni 2019 dan 6 Juni-8 Juni 2019. Kantor cabang digital ini bisa melayani pembukaan rekening, setor dan penarikan tunai melalui mesin cash recycling machine (CRM).

 


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×