kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

SMF dan PNM luncurkan program pembiayaan mikro perumahan


Senin, 07 Juni 2021 / 11:37 WIB
SMF dan PNM luncurkan program pembiayaan mikro perumahan
ILUSTRASI. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan Permodalan Nasional Madani (PNM) meluncurkan program pembiayaan mikro perumahan bagi nasabah Mekaar PNM.

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) bersama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi meluncurkan  program pembiayaan bernama HOME.

HOME merupakan program pembiayaan mikro perumahan bagi nasabah Mekaar binaan PNM dengan peruntukkan untuk renovasi rumah nasabah yang juga dijadikan sebagai tempat usaha atau mendukung usaha. Acara soft lauching program HOME tersebut dilakukan pada Kamis (3/6) di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kota Semarang dipilih menjadi tempat soft launching karena menjadi kota pertama pelaksanaan program pembiayaan mikro perumahan HOME kepada sejumlah nasabah Mekaar binaan PNM.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, program HOME ini diharapkan dapat membantu program percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah.

Baca Juga: SMF anggarkan Rp 16 miliar untuk pengembangan rumah di daerah kumuh

Kata Ananta, pandemi Covid-19 telah memukul semua sektor usaha. Kelompok UMKM dan ultra mikro termasuk yang paling merasakan kondisi ini. "Melalui program pembiayaan mikro perumahan HOME diharapkan sektor UMKM dan ultra mikro dapat kembali bergerak melalui usaha yang mereka lakukan dari rumah mereka sendiri,” kata Ananta dalam siaran pers, Senin (7/6).

Selain itu, program HOME juga merupakan bagian dari pelaksanaan sustainable development goals (SDG's). “Melalui program ini, SMF juga ikut terlibat dalam pelaksanaan SDG's khususnya pada aspek 11 mengenai sustainable cities dan communities, terutama untuk papan,” ujar Ananta.

Program HOME juga menjadi bagian dari pelaksanaan perluasan mandat yang diterima SMF untuk dapat mendukung peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan yang berkesinambungan. Tujuannya agar akses masyarakat untuk memperoleh hunian yang layak dan terjangkau semakin terbuka lebar.

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM, Sunar Basuki mengatakan, program HOME ini merupakan program untuk tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's). Melalui program HOME ini, selain diharapkan terjadi perbaikan atau peningkatan ekonomi bagi nasabah Mekaar penerima pembiayaan mikro perumahan, juga diharapkan terjadi perbaikan atau peningkatan kualitas hidup.

Sunar menambahkan, dengan jumlah nasabah Mekaar yang saat ini sudah mencapai 9,5 juta nasabah, diharapkan program ini memberikan dampak signifikan baik secara sosial maupun ekonomi bagi bangsa dan negara.

Mekaar sendiri merupakan pembiayaan modal untuk pelaku usaha ultra mikro yang diluncurkan PNM sejak tahun 2015 lalu. Target nasabah Mekaar merupakan nasabah yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha, namun karena terbatasnya akses pembiayaan modal kerja menjadikan keterampilan berusaha meraka kurang termanfaatkan.

 

Selanjutnya: Siap-siap, SMF segera merilis kredit konstruksi

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×