kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SMF hingga Himperra Berkolaborasi Dorong Kredit Multi Guna Perumahan bagi Prajurit


Jumat, 26 Mei 2023 / 18:07 WIB
SMF hingga Himperra Berkolaborasi Dorong Kredit Multi Guna Perumahan bagi Prajurit
ILUSTRASI. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menggandeng PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906, Tbk (BWS), Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra), dan DPP Perkumpulan Pengembang Indonesia (PI) mewujudkan program Kredit Multi Guna (KMG) Perumahan untuk prajurit.

Dalam kerja sama tersebut, SMF akan menyediakan fasilitas pendanaan kepada BWS untuk penyaluran pembiayaan perumahan bagi prajurit. Adapun PI dan Himperra berperan dalam memberikan rekomendasi pengembang perumahan kepada BWS.

Nantinya para penerima manfaat dapat memiliki akses pinjaman kredit multiguna yang dapat digunakan dengan berbagai manfaat dan tujuan, yakni pembelian rumah yang dijamin oleh asosiasi untuk ketersediaan unit dengan harga yang terjangkau. 

Mekanisme agunan bersumber dari pemotongan gaji atau tunjangan pensiun setiap bulan dengan minimal jaminan payroll gaji atau tunjangan pensiun, atau Surat Keputusan (SK) pengangkatan yang telah memenuhi kriteria seleksi Bank Woori Saudara.

Baca Juga: Perkuat Keamanan Digital, MUF Alokasikan Capex IT Rp 10 Miliar untuk 2023

Kerjasama Kredit Multi Guna Perumahan untuk Prajurit

Direktur Utama SM Ananta Wiyogo mengatakan program tersebut merupakan bagian dari rencana strategis SMF yang sejalan dengan peran dan fungsinya Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan dalam mendukung upaya pemenuhan hunian, baik di sisi supply dan demand.

Dia berharap prajurit dapat memanfaatkan fasilitas tersebut sebaik-baiknya sehingga dapat memiliki rumah yang layak dan terjangkau. 

"Kerja sama tripatrit itu adalah bagian dari komitmen dan keberpihakan kami bersama kepada para prajurit dalam memperoleh haknya untuk mendapatkan hunian layak dan terjangkau, khususnya bagi yang membutuhkan dan belum terfasilitasi," ucap dia dalam keterangan resmi, Jumat (26/5).

Ananta optimistis program itu akan memberikan dampak sosial dan ekonomi kepada para prajurit, serta menjadi kontribusi nyata untuk mendukung stabilitas perekonomian nasional.

Sementara itu, Direktur Konsumer M. Tri Budiono Bank Woori Saudara mengungkapkan kerja sama kali ini bisa membuka peluang bisnis yang lebih tinggi bagi pihaknya untuk lebih mendekatkan hubungan ke kalangan prajurit atau kesatuan. 

Baca Juga: OJK Catat Penyaluran Piutang Pembiayaan Multifinance Capai Rp 186 T per Maret 2023

"Kami berharap kerja sama ini bisa menjawab kebutuhan serta memfasilitasi prajurit di seluruh kesatuan untuk dapat memiliki hunian," kata dia.

Tercatat sepanjang 2022, SMF telah menyalurkan produk-produk dalam rangka implementasi perluasan mandat dari pemerintah sebesar Rp 2,4 triliun, terdiri dari Kredit Konstruksi, Kredit Mikro Perumahan, KPR Rumah Usaha, KPR Inden, serta Kredit Multi Guna Perumahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×