kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Strategi KoinWorks Tingkatkan Penyaluran Pinjaman ke UMKM di Bulan Ramadan


Senin, 13 Maret 2023 / 16:33 WIB
Strategi KoinWorks Tingkatkan Penyaluran Pinjaman ke UMKM di Bulan Ramadan
Strategi KoinWorks Tingkatkan Penyaluran Pinjaman ke UMKM di Bulan Ramadan


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menyambut bulan Ramadan, KoinWorks melalui produknya KoinBisnis memudahkan penyaluran pinjaman usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Melalui KoinBisnis, pebisnis dapat mengajukan pinjaman usaha tanpa jaminan hingga Rp 2 miliar dengan tenor pinjaman hingga 24 bulan. Bunga yang ditawarkan kepada peminjam mulai 0,83%. 

Tidak hanya itu, KoinWorks juga menyediakan promo khusus Ramadan bagi pengguna KoinWorks NEO, di mana peminjam bisa mendapatkan cashback hingga Rp 1 juta untuk nilai pinjaman tertentu yang disetujui.

Baca Juga: Industri Terus Melaju, Begini Strategi Sejumlah Fintech P2P Lending

“Selama Ramadan, bisnis punya kesempatan besar untuk tumbuh atau melakukan growth hacking karena demand yang tinggi dari konsumen. Tentu ini adalah momen emas bagi para pelaku UMKM. Semakin matang persiapannya, peluang keberhasilan UMKM akan lebih tinggi," ujar Lenka Savina, Integrated Marketing Communications Manager KoinWorks dalam keterangannya, Senin (13/3).

Lenka menambahkan dengan menyediakan akses pembiayaan yang mudah dan cepat, KoinWorks ingin memberikan alternatif bagi pelaku usaha yang membutuhkan dana tambahan untuk keperluan stok barang maupun kegiatan operasional dan marketing mereka.

Berdasarkan data KoinWorks, permintaan pinjaman yang masuk ke KoinWorks dari para pelaku UMKM menuju Ramadan pada tahun 2022 lalu naik dua kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. 

Sebagian besar permintaan pinjaman berasal dari industri makanan & minuman, startup, dan fesyen. Permintaan pinjaman ini diperkirakan akan semakin meningkat pada Ramadan 2023 mengingat mobilitas masyarakat Indonesia yang sudah mulai pulih.

Baca Juga: KoinWorks Bentuk Departemen Impact dan Environment, Social, Governance

Bersamaan dengan itu, KoinWorks juga akan merilis serial video edukasi di YouTube bertajuk #THRDuluan yang khusus dikembangkan untuk membantu para pelaku UMKM merancang strategi bisnis dan mengatur arus kas dengan lebih baik selama Ramadan. 

Menurut survei yang dilakukan oleh BCG Consulting dan Telkom Indonesia pada Agustus 2022, selain akses ke pendanaan, tantangan utama lain yang dihadapi oleh UMKM adalah akses terhadap pengetahuan dan skill bisnis.

Sebanyak 49% pelaku UMKM mengaku memiliki kendala dalam mengakses kebutuhan tersebut. Inilah tantangan yang berusaha dijawab oleh KoinWorks. 

Serial video yang nantinya dapat disaksikan melalui kanal YouTube KoinWorks ini akan menghadirkan Jim Geovedi selaku Chief Technology Officer KoinWorks dan Ferry Irwandi selaku pengamat bisnis UMKM Indonesia dan Financial Content Creator.

Pada kesempatan tersebut, Jim menekankan bahwa selain mudah dan cepat, pengajuan pinjaman di KoinWorks itu aman.

Baca Juga: Dukung Pertumbuhan UMKM, KoinWorks Berikan Pendanaan ke 850 Ribu UMKM

“Kami mengedepankan privasi data pengguna kami, termasuk para peminjam yang merupakan pelaku UMKM. Kami juga sudah memegang sertifikasi ISO 27001 yang merupakan standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan informasi,” jelas Jim. 

Selain itu, Jim juga akan membagikan tips dan trik agar pinjaman usaha disetujui, seperti harus memiliki skor kredit yang baik dan dokumen yang lengkap terkait pelaku UMKM dan usahanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×