kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sudah saatnya pemerintah memiliki satu perusahaan keuangan berbasis elektronik


Minggu, 24 Februari 2019 / 19:25 WIB
Sudah saatnya pemerintah memiliki satu perusahaan keuangan berbasis elektronik


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian BUMN ingin memiliki satu layanan keuangan berbasis elektronik yang bisa digunakan di seluruh perusahaan pelat merah. Itu sebabnya, Kementerian BUMN menggabungkan layanan uang elektronik milik BUMN ke dalam satu wadah bernama LinkAja. Direktur Institutional Equity Sales CGS-CIMB Securities Kartika Sutandi menjelaskan, sudah seharusnya pemerintah hanya memiliki satu perusahaan keuangan berbasis elektronik.

Ia mencontohkan pemerintah Hong Kong, hanya mengeluarkan satu kartu, yaitu Octopus Card untuk melayani masyarakat dan turis yang hendak menggunakan  transportasi publik, berbelanja makanan atau membeli tiket hiburan. Pemerintah Singapura  juga memiliki satu kartu, yaitu EZ-Link Card. “Di Indonesia uang elektronik baru ada beberapa tahun lalu dan semua bank mengeluarkan. Universal payment system lebih bagus jika dikeluarkan pemerintah karena banyak data yang bisa didapat dari penggunaan universal payment system. Dengan memiliki satu perusahaan layanan keuangan berbasis digital, pemerintah dapat memiliki data keuangan serta behavior masyarakat dan turis yang datang,” terang Kartika, dalam keterangan tertulis, Minggu (24/2).

Selain itu dengan satu kartu yang dikeluarkan pemerintah, terjadi efisiensi. BUMN tak perlu mengeluarkan belanja modal (capex) besar dan tidak saling "membakar uang". “Jika penyedia layanan keuangan berbasis elektronik lain harus membakar uang untuk mendapatkan pengguna, LinkAja tidak perlu. Cukup menjadi penyedia pembayaran di jalan tol, transportasi publik milik negara, BPJS dan SPBU Pertamina sudah sangat cukup. Masyarakat pasti akan menggunakan LinkAja. Pemerintah bisa membuat use case lebih mudah tanpa harus jor joran membakar duit,”papar Kartika.

Manfaat lain  LinkAja dapat menjadi salah satu alat bagi pemerintah menyalurkan dana bantuan.  "Seperti  bantuan langsung tunai," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada KONTAN, Kamis (21/2). Juga subsidi BBM seta membuat masyarakat yang tergolong unbanked menjadi banked. Dengan integrasi beragam layanan dari sisi teknologi dan perbankan akan semakin terwujud, akses masyarakat untuk menikmati fasilitas layanan unbanked juga akan semakin mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×