kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Suku bunga acuan tetap, perbankan belum akan ubah bunga kredit dan deposito


Kamis, 20 Juni 2019 / 18:57 WIB
Suku bunga acuan tetap, perbankan belum akan ubah bunga kredit dan deposito

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan tidak akan mengubah suku bunga sejalan dengan keputusan Bank Indonesia (BI) mempertahankan bunga acuan. Namun, suku bunga ke depan diperkirakan dalam tren penurunan sehingga bank tinggal menunggu keputusan BI di bulan berikutnya.

PT BRI Agro Tbk misalnya untuk sementara ini tidak akan mengubah suku bunga kredit maupun deposito. Namun, khusus untuk perubahan bunga simpanan ke depan, akan tergantung pada kondisi persaingan di pasar.


"Untuk penurunan ke depan, kami masih menunggu kebijakan BI 7DRR berikutnya." ujar Direktur Utama BRI Agro, Agus Noorsanto pada Kontan.co.id, Kamis (20/6).

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN, anggota indeks Kompas100) juga melihat tren suku bunga ke depan cenderung dalam penurunan. Oleh karena itu, bank pelat merah ini masih menunggu keputusahan BI berikutnya.

"Sebenarnya sejak Januari 2019, bank sudah mulai turunkan bunga deposito. Saya rasa tinggal menunggu waktu, BI akan turunkan suku bunga sehingga tren ke depan adalah penurunan." kata Direktur Strategy, Compliance & Risk BTN Mahelan Prabantarikso.

Seperti diketahui, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan mempertahankan suku bunga BI - 7 Days Reverse Repo Rate (BI-7DRRR) di level 6%. Sementara, suku bunga deposit facility dan lending facility masing-masing berada pada level 5,25% dan 6,75%.




TERBARU

Close [X]
×