kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tahun ini, Danamas targetkan salurkan pinjaman Rp 65 miliar ke pedagang pasar


Minggu, 13 Januari 2019 / 08:15 WIB

Tahun ini, Danamas targetkan salurkan pinjaman Rp 65 miliar ke pedagang pasar


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan fintech peer to peer (P2P) lending PT Pasar Dana Pinjaman (Danamas) akan menyasar pedagang di pasar-pasar tradisional sebagai target barunya. Chief Executive Officer (CEO) Danamas Dani Lihardja menargetkan bisa menyalurkan pinjaman Rp 65 miliar pada 2019 ke pelaku usaha mikro tersebut.

Para pedagang bisa mengajukan pinjaman hingga Rp 2 juta. Sama seperti produk sebelumnya, Danamas tidak memberikan pinjaman tersebut dalam bentuk tunai, melainkan barang.

Secara teknis, saat mengajukan pinjaman, pedagang perlu mengisi sayur-sayuran atau bahan pokok apa yang ingin ia beli dari distributor. Aplikasi pedagang ini sudah tersambung ke aplikasi agen atau distributor yang bakal memasok bahan-bahan tersebut ke pedagang itu.

“Yang minjem pedagangnya, misalnya dagang sayur. Dia pesan besok mau dagang apa aja. Kemudian, Danamas kirim uangnya ke distributornya. Nanti distributor itu kasihnya dalam bentuk sayuran,” kata Dani saat ditemui Kontan.co.id, Kamis (10/11).

Waktu pengembalian pinjaman tersebut adalah selama 10 hari. Jika sudah waktunya, distributor akan melakukan penagihan ke para pedagang.

Bunga pinjaman yang dikenakan oleh Danamas adalah 1% per peminjaman. Bunga ini dipotong sejak awal. Jadi, jika seseorang meminjam Rp 2 juta, maka yang akan dikonversikan ke dalam bentuk barang adalah senilai Rp 1.980.000, sebab sudah dipotong Rp 20.000 (1% dari Rp 2 juta) sebagai bunga.


Reporter: Nur Qolbi

Video Pilihan


Close [X]
×