kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak mau jadi beban di kemudian hari, bank selektif salurkan KTA di masa pandemi


Sabtu, 12 September 2020 / 11:35 WIB
Tak mau jadi beban di kemudian hari, bank selektif salurkan KTA di masa pandemi


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam kondisi pandemi Covid-19, perbankan tentu semakin berhati-hati dalam menyalurkan kredit. Salah satunya kredit tanpa agunan (KTA). Wajar saja, kredit segmen ritel ini memang memiliki nilai plafon yang terbilang tinggi namun tanpa agunan. 

Biasanya, KTA diberikan kepada nasabah dengan tingkat loyalitas yang tinggi ataupun nasabah payroll. Namun, dalam situasi yang tidak menentu seperti sekarang, bukan saja bank lebih berhati-hati. Permintaan KTA pun diakui perbankan juga ikut menurun. 

Walhasil, di beberapa bank besar tercatat kredit KTA ataupun turunannya mengalami penurunan. PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya yang menyebut secara portofolio posisi KTA di semester II 2020 awal masih turun 1%. Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan bilang penyebabnya lantaran nilai pinjaman masih lebih tinggi dibandingkan tingkat pelunasan. 

Baca Juga: Transaksi mobile banking Maybank naik lebih dari 130% selama pandemi

"Kami berhati-hati untuk KTA, untuk memastikan tidak malah menjadi beban di kemudian hari," katanya kepada Kontan.co.id, Jumat (11/9). Tetapi tentunya, menurunnya realisasi KTA tidak terlalu berpengaruh terhadap total kredit ritel. Catatan Lani, eksposur KTA hanya sekitar 8% dari kredit ritel. 

Ke depan pihaknya memilih untuk lebih selektif dalam menyalurkan KTA. Sebab meski tidak merinci ,menurut Lani NPL KTA memang mengalami kenaikan. "Tetapi dengan adanya stimulus Covid-19 dari regulator untuk terdampak Covid-19, cukup membantu," sambungnya. 

Sebagai gambaran saja, total personal loan dan lainnya di CIMB Niaga turun 4,5% secara year on year (yoy) di semester I 2020 menjadi Rp 4,06 triliun. Adapun, rasio kredit bermasalah non-performing loan (NPL) CIMB Niaga, sama dengan bank lainnya juga tercatat meninggi pada Juni 2020 dibandingkan dengan kondisi normal. NPL kredit ritel per Juni 2020 mencapai 2,5% atau naik 0,2%.

Sedikit berbeda, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) justru menyebut di semester II 2020 permintaan KTA mulai meningkat. Direktur Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies menyebut sampai dengan Agustus 2020 produk KTA BNI bertajuk BNI Fleksi masih mencatat kinerja positif. Antara lain masih tumbuh di atas 13% dengan rata-rata booking atau pinjaman per bulan berkisar Rp 1 triliun. "Pertumbuhan ini di atas pertumbuhan industri KTA payroll sebesar 6,5%," terang Corina. 

Baca Juga: Fitur kirim uang dan bayar tagihan menjadi fitur favorit DANA selama pandemi

Bank berlogo 46 ini juga bilang, di tengah masa Covid-19, fokus ekspansi KTA perseroan juga lebih mengerucut. Pihaknya menyebut hanya terbatas memberikan kredit ke sektor yang tidak terdampak. Semisal, pemberian kredit ke Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN dan pensiunan ASN. Hasilnya cukup terbukti, portofolio BNI Fleksi memang masih terjaga kualitas NPL-nya di kisaran 1%. 




TERBARU

[X]
×