kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tangkal fraud dari internal, ini yang dilakukan OCBC NISP


Jumat, 20 November 2020 / 06:30 WIB
Tangkal fraud dari internal, ini yang dilakukan OCBC NISP


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank OCBC NISP Tbk berkomitmen penuh menjaga kepercayaan nasabah yang telah mempercayakan pengelolaan uangnya pada OCBC NISP. Bank ini selalu melakukan pengawasan internal guna mencegah terjadinya fraud yang dilakukan internal perseroan.

Direktur Bank OCBC NISP Lili S. Budiana mengatakan, strategi anti fraud dilakukan lewat dua strategi yakni dari pencegahan dan deteksi dini. Dua langkah strategi itu dilakukan untuk meminimalkan peluang terjadinya fraud.

Tindakan pencegahan dilakukan lewat beberapa langkah. Pertama, melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran karyawan dan nasabah terkait risk and fraud awareness kepada staf dan nasabah.

OCBC NISP selalu displin mengingatkan karyawan untuk menaati peraturan dan prosedur yang berlaku, disiplin dalam melakukan eskalasi baik jalur laporan sesuai struktur organisasi maupun whistle blower bila ada indikasi penyalahgunaan wewenang dan selalu menganalisa risiko.

"Lalu proaktif mengikuti dan mengantisipasi perkembangan pola-pola risiko yang berkembang cepat dan masif, dan menyimpan arsip terutama terkait transaksi sesuai pengaturan yang berlaku di perusahaan," kata Lili pada Kontan.co.id, Rabu (18/11).

Baca Juga: Soal kasus pembobolan Maybank, OJK: Tunggu proses hukum

Kedua, OCBC NISP meningkatkan fungsi kontrol dan juga melakukan perbaikan atas kelemahan kontrol yang sudah teridentifikasi. Salah satu fungsi kontrol yang dilakukan adalah dengan menerapkan melakukan cross checking nasabah, dual control dalam verifikasi nasabah.

Khusus untuk memastikan objektivitas pemberian kredit, OCBC NISP menerapkan proses persetujuan yang mengikuti prinsip empat mata sebagai syarat mutlak dengan pengelolaan risiko dibagi antara unit bisnis dan fungsi pengelolan risiko kredit.

Ketiga, selalu mengimplementasikan know your employee (KYE) untuk memastikan calon karyawan tidak mempunyai rekam jejak negatif terkait permasalahan hukum atau kejahatan perbankan maupun indikasi pencucian uang/pendanaan terorisme. Bank juga memantau dan memastikan karyawan melakukan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan role yang telah ditetapkan.

Sementara tindakan deteksi dilakukan dengan menghadirkan sistem whistleblowing yang dapat diakses bukan hanya oleh karyawan namun oleh pihak eksternal untuk melaporkan kejadian mencurigakan dan indikasi kejadian fraud. Lalu, melakukan proses rekonsiliasi dan proses audit secara berkala dan berkesinambungan, memantau transaksi mencurigakan atau surveillance, dan memonitoring proses kerja pada karyawan yang melakukan cuti.

Untuk memastikan strategi tersebut berjalan, kata Lili, OCBC NISP telah membentuk komite serta perangkat organisasi yang tidak hanya berfungsi untuk mencegah terjadinya fraud melainkan memastikan seluruh elemen bank mulai dari sales hingga management memiliki budaya anti-fraud.

Selanjutnya: Begini langkah perbankan untuk mencegah kasus fraud

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×