kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45736,73   34,31   4.88%
  • EMAS931.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Tiga bank BUMN gelar RUPS minggu ini, siapa saja yang dirombak?


Senin, 17 Februari 2020 / 17:26 WIB
Tiga bank BUMN gelar RUPS minggu ini, siapa saja yang dirombak?
ILUSTRASI. Antrean nasabah di kantor cabang pembantu Bank Mandiri Bendungan Hilir, Jakarta, Jumat (3/1). Tiga dari empat bank pelat merah yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) berencana menggelar

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga dari empat bank pelat merah yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) berencana menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pekan ini.

Merujuk pada keterbukaan informasi, BRI bakal menjadi pembuka RUPS bank BUMN yang berlangsung pada 18 Februari 2020 di Gedung BRI 1, Jakarta Pusat. Adapun, dalam laman resmi perusahaan yang diunduh, Senin (17/2) setidaknya ada lima mata acara dalam RUPST BRI.

Baca Juga: OJK cabut izin usaha Murni Upaya Raya Nilai Inti Finance

Adapun, agenda RUPS yang bakal menjadi sorotan antara lain perubahan susunan pengurus perseroan. Menurut penjelasannya, saat ini terdapat beberapa pengurus perseroan yang akan habis masa jabatannya.

Sebagai informasi, masa jabatan direksi dan dewan komisaris BUMN memang hanya ditetapkan selama 5 tahun saja dan dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan. Belum diketahui secara persis, dewan pengurus mana yang bakal digantikan atau diperpanjang masa jabatannya. 

Namun beredar kabar Wakil Menteri BUMN saat ini yakni Kartika Wirjoatmodjo dikabarkan bakal didapuk sebagai Komisaris Utama BRI menggantikan Andrinof A. Chaniago.

Setelah BRI, Bank Mandiri bakal melangsungkan agenda RUPST pada tanggal 19 Februari 2019. Belum diketahui mata acara RUPS. Menurut salah seorang sumber Kontan.co.id yang mengetahui hal ini, ekonom sekaligus mantan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri disebut-sebut akan ditunjuk menjadi Komisaris Utama Bank Mandiri pada RUPST yang berlangsung dua hari lagi. 

Baca Juga: Laba Bank Mandiri Syariah capai Rp 1,28 triliun hingga Desember 2019

Adapun, hingga saat ini Chatib Basri masih menduduki posisi sebagai Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri.

Sementara, kursi Komisaris Utama Bank Mandiri saat ini diisi oleh mantan direktur utama Bank Mandiri yang kini menjadi Wakil Menteri BUMN yakni Kartika Wirjoatmodjo.




TERBARU

Close [X]
×