kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan Layanan, BRI Manfaatkan AI untuk Demi Kepuasan Nasabah


Kamis, 04 April 2024 / 16:45 WIB
Tingkatkan Layanan, BRI Manfaatkan AI untuk Demi Kepuasan Nasabah
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berinovasi mengembangkan layanan digital untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah menggunakan artificial intelligence (AI). Direktur Digital & Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha menjelaskan, BRI memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memudahkan nasabah mendapat fitur dan layanan milik BRI.

Setelah membuat berbagai fitur dan layanan digital, bank berkode saham BBRI itu kini sedang meningkatkan layanan perbankan yang lebih humanis, terutama kepada segmen usaha, menengah, kecil, dan mikro (UMKM). Menurut Arga, UMKM masih merasakan keengganan dan kecemasan saat berinteraksi dengan layanan keuangan, meskipun sudah memahami layanan digital.

“Dengan keahlian di bidang microfinance, BRI harus bisa melayani masyarakat di segmen yang lebih bawah. BRI melihat AI untuk meningkatkan layanan-layanan digital agar mudah diakses masyarakat,” imbuh Arga.

Baca Juga: BRI Bagi-Bagi Lebih dari 15.000 Hadiah Bagi Nasabah di Panen Hadiah Simpedes

Ketika BRI melakukan riset beberapa tahun lalu, Argo mengatakan BRI menemukan ciri khas masyarakat lower economic segment yang sudah melek digital. Akan tetapi, mereka enggan bertransaksi atau berinteraksi dengan perbankan, finansial, dengan teknologi.

“Mereka kenal dengan Instagram, dan media sosial lain, tapi ada kecemasan ketika bertransaksi keuangan. BRI lihat AI bisa melengkapi teknologi ini agar nasabah bisa mengakses informasi dari BRI. Termasuk bagaimana mengenalkan ke perangkat chatbot AI, Sabrina milik BRI misalnya,” ujar Arga.

Baca Juga: UMKM Kian Mudah Catat Transaksi Menggunakan Tabungan BRI BritAma Bisnis

Ke depannya, lanjut Arga, BRI akan mengeksplorasi penggunaan AI sebagai upaya untuk mendorong kinerja agar layanan menjadi lebih efisiensi dan optimal. “Kami menggunakan AI sama seperti banyak pihak lain, utamanya untuk mencari peluang peningkatan kinerja, dan mencari peluang menurunkan biaya, efisiensi, optimalisasi banyak hal,” pungkas Arga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×