kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UMKM Kian Mudah Catat Transaksi Menggunakan Tabungan BRI BritAma Bisnis


Rabu, 03 April 2024 / 15:06 WIB
UMKM Kian Mudah Catat Transaksi Menggunakan Tabungan BRI BritAma Bisnis
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Kehadiran usaha mikro kecil menengah (UMKM) memberi dampak positif bagi perekonomian nasional. Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI) Sri Mulyani mencatat, penyerapan tenaga kerja UMKM saat ini mencapai 97%, dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61,1%.

Menurut Sri, angka tersebut lebih tinggi dari Sri Lanka sebesar 20%, Malaysia 19%, Vietnam 20%, Pakistan 25%, Thailand 29,5%, Korea 30,9%, India 40%, dan Jepang 53,8%. “UMKM memberikan kontribusi ke PDB hingga 61%, ini juga relatif lebih tinggi dibandingkan negara di ASEAN maupun negara G20,” kata Sri, seperti yang diberitakan Kontan.co.id pada Kamis, (7/4).

Kemajuan ini bukan tanpa sebab. Selain melebarkan pasar secara digital, UMKM juga didukung pendanaan dari perbankan dan non perbankan untuk menciptakan layanan dan produk yang dibutuhkan konsumen. Dari BRI misalnya yang menyalurkan pembiayaan pinjaman mikro senilai Rp1,5 triliun – Rp1,7 triliun setiap harinya.

Pendanaan tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal oleh UMKM dengan cara mengatur finansial yang baik. Untuk itu, UMKM atau pemilik UMKM perlu memiliki simpanan atau tabungan bisnis agar dana pribadi dan operasional bisnis tidak bercampur, sehingga pencatatan lebih mudah dikalkulasi.\

Baca Juga: BRI Berikan Potongan Harga untuk Layanan Grab Transport, Grab Mart, dan Grab Food

Produk perbankan yang dapat menjadi rekomendasi UMKM mengatur simpanan adalah BritAma Bisnis. Produk tersebut menawarkan keuntungan berlipat kepada UMKM, misalnya gratis biaya administrasi dengan saldo rata-rata minimal Rp5 juta, pencatatan transaksi di Buku Tabungan yang lebih detail, internet banget dengan limit RTGS hingga Rp 1 miliar dan overbooking hingga Rp5 miliar, transaksi real time online di lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM BRI seluruh Indonesia, serta gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp150 juta.

Semua keuntungan tersebut juga semakin mudah diakses karena tabungan BritAma Bisnis memiliki aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus Maestro, dan Mastercard di dalam atau di luar negeri. Bukan itu saja, suku bunga BritAma Bisnis juga lebih tinggi dibanding tabungan umum.

Baca Juga: Buka Puasa di Resto Pakai QRIS BRImo Bisa Dapat Cashback 25%

Untuk mendapat berbagai keuntungan tersebut, UMKM dapat mengikuti syarat dan ketentuan yang telah diberikan BRI dalam situs resminya berupa:

  1. Setoran awal sebesar Rp1 juta
  2. Mengisi form aplikasi pembukaan rekening (AR-02)
  3. Melampirkan identitas diri pengurus perusahaan seperti KTP, NIK, dan NPWP untuk WNI serta paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung untuk WNA.
  4. Melampirkan dokumen berupa salinan akta pendirian atau anggaran dasar
  5. Izin usaha (SIUP/TDP)
  6. Surat kuasa penunjukkan pemegang kartu dan penanggung jawab rekening yang dibuat oleh pengurus perusahaan kepada orang yang dikuasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×