kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   20,00   0,12%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

Tingkatkan layanan haji, Mandiri Group perkuat sinergi


Rabu, 28 Februari 2018 / 15:30 WIB
Tingkatkan layanan haji, Mandiri Group perkuat sinergi
ILUSTRASI. Bank Syariah Mandiri


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka meningkatkan dan memperluas pelayanan haji, PT Bank Syariah Mandiri (BSM) perkuat sinergi dengan Bank Mandiri melalui Layanan Syariah Bank (LSB). Layanan tersebut memungkinkan nasabah membuka Tabungan Haji Mabrur melalui Layanan Syariah Bank di outlet Bank Mandiri.

Sinergi ini akan memperkuat positioning BSM sebagai Syariah Retail Bank terutama berkaitan dengan layanan haji dan umrah. “Kami berterima kasih atas kepercayaan nasabah yang telah loyal menyetorkan BPIH melalui BSM” ujar Toni EB Subari, Direktur Utama BSM di Jakarta, Rabu (28/2).

Sesuai UU Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji maka pengelolaan keuangan haji dilakukan oleh BPKH. Sementara menurut UU No 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan haji serta Peraturan Menteri Agama Nomor 30 tahun 2013, BPS BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) adalah bank syariah dan bank umum nasional yang memiliki layanan syariah. Namun, pelayanan pembukaan tabungan haji dimungkinkan melalui layanan syariah bank di bank konvensional.

“Sebagai satu grup, kami bersinergi dengan induk perusahaan melalui Layanan Syariah Bank (LSB). Jadi di wilayah yang BSM sulit dijangkau nasabah karena outlet yang terbatas kini mereka dapat membuka tabungan haji melalui Bank Mandiri” tambah Toni EB Subari.

Untuk tahap awal LSB akan dilaksanakan di 100 cabang Bank Mandiri. Tahap berikutnya akan dilakukan di 496 cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia. Saat ini pilot project LSB telah berhasil dilakukan di beberapa wilayah. ‘’Selanjutnya kami tentu berharap bisa membuka tabungan syariah juga,’’ kata tambah Toni.

Sebagai informasi, saat ini BSM merupakan bank dengan pangsa pasar terbesar tabungan haji reguler yang terdaftar di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Pada akhir 2017, sebesar 23% jamaah yang telah memperoleh porsi haji atau sekitar 134.605 orang dari total jamaah yang telah memperoleh porsi sekitar 590.368 orang terdaftar di BSM.

BSM juga merupakan bank syariah terbesar dengan pangsa pasar tabungan haji dan umrah sebesar nominal Rp 3,9 trilliun dan number of account (NOA) tabungan haji dan umrah sejumlah 1,6 juta rekening posisi September 2017. Angka tersebut diperkuat dengan hasil survey Frontier tahun 2017 yang menunjukkan image BSM sebagai Bank Layanan Haji. Selain sinergi dengan Bank Mandiri, BSM intensif lakukan sinergi dengan mitra strategis baik dengan travel umroh maupun maskapai penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×