kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan Potensi Ekonomi Desa, BRI Terus Genjot Program Desa BRILiaN


Kamis, 07 Maret 2024 / 16:30 WIB
Tingkatkan Potensi Ekonomi Desa, BRI Terus Genjot Program Desa BRILiaN
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online . JAKARTA,01/09-TANTANGAN UMKM DI TENGAH PANDEMI. Perajin anyaman sedang membuat kursi di sentra kerajinan ayaman bambu di Jakarta, Senin (01/09/2020). Pemerintah membuat strategi pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menghadapi sejumlah persoalan di masa pandemi covid-19 diantaranya penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dengan cara pemberian stimulus kepada UMKM dan koperasi, berikut Bantuan Langsung Tunai (BLT) usaha ultra mikro dan mikro serta restrukturisasi dan subsidi suku bunga kredit usaha mikro dan restrukturisasi kredit untuk koperasi melalui Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDB). KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Bank berpelat merah nasional, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk terus mengembangan layanan perbankan lebih luas, termasuk ke pelosok desa melalui program Desa BRILian. Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi menjelaskan program Desa BRILiaN bertujuan untuk mewujudkan ketahanan ekonomi dengan memberdayakan potensi desa di Indonesia dengan empat kriteria nilai utama, yaitu BUMDes aktif, digitalisasi, keberlanjutan (sustainability) dan inovasi.

BRI melalui Desa BRILiaN melakukan pemberdayaan UMKM dan mendorong potensi desa yang ada. Manfaat besar lainnya dari program Desa BRILian yakni literasi dan inklusi keuangan. Masyarakat dikenalkan platform pemberdayaan digital Link UMKM Dimana pelaku UMKM dapat melakukan self-assessment scoring untuk mengetahui level usaha. Serta memperoleh rekomendasi pelatihan yang sesuai.

Selain itu, mereka juga diedukasi produk-produk simpanan, pembiayaan hingga layanan perbankan lainnya.

Baca Juga: BRI Dukung Kemandirian Desa Megulung Kidul Lewat Program Desa BRILiaN

"Sampai dengan tahun 2023, jumlah desa yang mengikuti program Desa BRILiaN mencapai 3.178 desa," ujar Hendy kepada Kontan, Minggu (28/1).

Lebih lanjut Hendy mengatakan, pendaftaran Desa BRILiaN tahun 2024 dimulai pada Bulan Februari. Bagi peserta yang berminat untuk mengikuti program ini dapat menghubungi Mantri BRI di kantor BRI Unit terdekat.

Baca Juga: BRI Catat Outstanding Pinjaman Segmen Ultra Mikro Mencapai Rp611,2 triliun

Adapun setiap tahunnya BRI menargetkan 1.000 desa dapat mengikuti program Desa BRILiaN. "Total hadiah program Desa BRILiaN 2023 adalah bantuan sarana prasarana dengan total mencapai Rp 4,35 miliar," ucap Hendy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×