kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45890,01   -10,81   -1.20%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Dukung Kemandirian Desa Megulung Kidul Lewat Program Desa BRILiaN


Jumat, 05 Januari 2024 / 16:40 WIB
BRI Dukung Kemandirian Desa Megulung Kidul Lewat Program Desa BRILiaN
ILUSTRASI. Kontan - BRI Jelajah Ekonomi Ultra Mikro Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Desa Megulung Kidul di Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah adalah salah satu dari 2.100 desa yang mengikuti seleksi Desa BRILiaN yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI pada tahun 2022 lalu. Hasilnya, desa ini merengkuh gelar Juara III Desa BRILiaN 2022.

Perjalanan Desa Megulung Kidul terpilih jadi salah satu Desa BRILiaN memang tidak mudah. Pada 2022, para petinggi desa ini bertekad membesarkan nama Desa Megulung Kidul, salah satunya dengan mendorong peran BUMDes untuk aktif memberikan pendapatan asli daerah (PAD) bagi desa. Ketika itu, hasilnya belum optimal.

Keaktifan perangkat Desa Megulung Kidul dalam mendorong BUMDes ini kemudian menarik perhatian BRI. Kemudian, pihak BRI unit Wonoyoso yang juga dekat Desa Megulung Kidul menawarkan untuk mengikuti ajang Desa BRILiaN.

Baca Juga: Begini Syarat Usaha Ultra Mikro Bisa Akses Kredit dari BRI dan Holding UMi

“Saya mengevaluasi desa-desa yang ada dalam cakupan BRI unit Wonoyoso. Dari semua desa, hanya ada dua yang layak mengikuti Desa BRILiaN saat itu, salah satunya Desa Megulung Kidul,” kisah Muhanif, Kepala Bank Rakyat Indonesia unit Wonoyoso.

Pada perkembangannya, Desa Megulung Kidul tampak lebih aktif berpartisipasi dalam ajang Desa BRlLiaN tersebut. “Waktu itu kami harus presentasi lewat Zoom dan diharuskan ada lima perangkat desa yang ikut. Kami selalu hadir tepat waktu, jumlahnya juga selalu lima,” ungkap Malik, Kepala Desa Megulung Kidul.

Akhirnya, Desa Megulung Kidul terpilih sebagai Juara I Desa BRILiaN di tingkat regional Yogyakarta. Desa ini pun lanjut ke tingkat nasional dan berhasil menjadi juara III.

Malik menuturkan, ajang Desa BRILiaN banyak memberi dampak positif bagi Desa Megulung Kidul. Sebagai Juara III Desa BRILiaN tingkat nasional, Megulung Kidul mendapat hadiah Rp50 juta.

Selain itu, Megulung Kidul juga mendapat dana CSR dari BRI senilai Rp1 miliar. Malik menuturkan, dana-dana tersebut digunakan untuk pengembangan desa.

Dengan menjadi Desa BRILiaN, Desa Megulung Kidul juga mendapat pendampingan dari BRI untuk masyarakat dan UMKM guna memudahkan akses layanan keuangan dan berbagai produk BRI. “Seperti QRIS dan layanan Strawberry Cashier, ini sangat mempermudah bagi bisnis UMKM kami,” kata Malik.

BRI juga bisa membantu akses pemasaran produk-produk asli desa. Ini antara lain dilakukan dengan menggunakan kanal pasar.id. “Kami membantu mempertemukan UMKM di desa dengan para pembeli lewat pasar.id,” tutur Muhanif.

Baca Juga: Menilik Industri Batik Tulis di Desa Megulung Kidul, Salah Satu Desa BRIlian

Efek positif lainnya, berkat program Desa BRILiaN, kini kontribusi BUMDes Megulung Kidul terhadap PAD desa meningkat 100% lebih, mencapai Rp24 juta di 2022. “Desa Megulung Kidul juga sudah naik tingkat dari desa berkembang menjadi desa maju. Selanjutnya kami mau menjadi desa mandiri,” tegas Malik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×