Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Wahyu T.Rahmawati
JAKARTA. Ceruk pasar asuransi nasional yang masih besar sepertinya menggugah selera Asuransi Tokio Marine Indonesia untuk mendongkrak porsi bisnisnya dari pasar lokal. Perusahaan patungan Tokio Marine Asia Pte Ltd dan Asuransi Jasa Indonesia ini mengincar kontribusi asuransi kendaraan bermotornya dari posisi Agustus 2011 ini sebanyak 25% menjadi 33% dalam tiga tahun ke depan.
Presiden Direktur Tokio Marine Mitsusaka Sato mengatakan, peluang bisnis di pasar asuransi nasional tidak hanya masih terbuka lebar, tetapi juga menunjukkan pertumbuhan positif. "Hingga Agustus 2011, kami telah membukukan pendapatan premi US$ 30 juta, tumbuh 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ujarnya ditemui KONTAN, kemarin.
Sato menambahkan, penyumbang utama bisnis Tokio Marine masih berasal dari lini usaha asuransi kebakaran/properti 40%, diikuti, asuransi kendaraan bermotor 25%, pengangkutan kapal 25%, dan sisanya aneka, antara lain kecelakaan diri sebanyak 10%. Namun demikian, melihat kondisi pasar asuransi lokal yang menjanjikan, perseroan akan menggenjot kontribusi asuransi kendaraan bermotor.
Menurut Sato, strategi bisnis tersebut akan mulai dilakukannya tahun ini juga untuk mendukung penerimaan premi Tokio Marine yang dipatok mencapai US$ 75 juta sampai akhir 2011. Termasuk juga untuk menaikkan laba sebelum pajak Tokio Marine, dari posisi tahun lalu US$ 10 juta. Sayang, dia enggan menyebut target laba yang diincarnya hingga akhir tahun nanti.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News